Kompas TV olahraga kompas sport

Piala AFF U16: Timnas Indonesia Diyakini Bisa Lumat Vietnam dan Lolos Semifinal, Ini Analisisnya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:57 WIB
piala-aff-u16-timnas-indonesia-diyakini-bisa-lumat-vietnam-dan-lolos-semifinal-ini-analisisnya
Aksi pemain Timnas U16 Indonesia versus Singapura pada laga matchday kedua Grup A Piala AFF U16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (3/8/2022). (Sumber: PSSI)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U16 diyakini bisa melumat Vietnam dan lolos ke Semifinal Piala AFF U16 2022.

Laga hidup mati antara Indonesia vs Vietnam itu akan digelar malam nanti, Sabtu (6/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada matchday ketiga penyisihan Grup A.

Keyakinan itu diungkapkan oleh pengamat sepak bola, Ignatius Indro, yang menilai anak asuhan Bima Sakti ini dengan modal pertandingan apik laga sebelumnya bisa melumat Vietnam dan lolos ke fase empat besar. 

“Berkaca pada saat Timnas U16 Indonesia yang menang telak 9-0 atas Singapura pada pertandingan sebelumnya, dan jika Garuda Muda bisa mempertahankan performa kita, maka bukan tidak mungkin menang lawan Vietnam,” ujarnya kepada KOMPAS.TV Sabtu (6/8).

Ia menjelaskan, minimal Timnas Indonesia bisa bermain imbang sehingga kita bisa lolos langsung sebagai juara grup untuk semifinal. Meski begitu, kemenangan akan jadi kunci.

Secara khusus, ia menyoroti dalah performa dari bek dan kapten timnas, M Iqbal Gwijangge, yang mampu membuat pertahanan Indonesia di 2 pertandingan pertama tidak kebobolan.

“Ketenangannya dalam mengatur pertandingan dari bawah patut diancungi jempol sehingga pemain-pemain  tengah dan sayap kita lebih percaya diri membantu penyerangan,” tambah pria yang juga Koordinator Paguyuban Suporter Timnas (PSTI) itu. 

Lantas, kekuatan Timnas U16 kali ini juga dimiliki di level penyerangan timnas yang mampu tampil gemilang di dua pertandingan.

“Kemampuan penyerang-penyerang kita seperti Muhamad Nabil Asyura maupun Muhamad Kafiatur Rizky sepertinya mampu menjawab kebutuhan kita akan striker yang haus gol dengan catatan mereka mampu menjaga dan mengembangkan kemampuannya hingga ke tingkat senior,” ungkap Indro.

“Untuk prediksi, saya masih meyakini Indonesia bisa menang tipis 1-0 atau 2-0 dengan catatan timnas bermain lepas dan mempertahankan performa ketika melawan Singapura,” sebut dia.

Indonesia saat ini berada di pucuk puncak klasemen Grup A Piala AFF U16 2022. Di bawahnya persis ada Vietnam. 

Meski kedua tim memiliki poin sama, namun Indonesia unggul jumlah selisih gol dengan surplus 11, sementara Vietnam hanya surplus 9 gol. 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x