Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Rudal Israel ke Gaza Tewaskan 10 Orang, Dibalas Ratusan Roket Jihad Islam

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:21 WIB
serangan-rudal-israel-ke-gaza-tewaskan-10-orang-dibalas-ratusan-roket-jihad-islam
Serangan roket yang diluncurkan milisi Palestina dari Jalur Gaza ke wilayah Israel, Jumat (5/8/2022). Serangan ini merupakan balasan atas serangan rudal Israel beberapa jam sebelumnya yang menewaskan 10 orang, termasuk seorang komandan milisi Palestina. (Sumber: Fatima Shbair/Associated Press)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JALUR GAZA, KOMPAS.TV - Milisi Palestina menembakkan rentetan roket ke wilayah Israel pada Jumat (5/8/2022). Serangan ini merupakan balasan atas serangan Israel ke Jalur Gaza yang menewaskan sepuluh orang termasuk komandan kelompok perlawanan Palestina.

Sebelumnya, militer Israel mengirim serangkaian serangan rudal ke sejumlah daerah di Jalur Gaza, Jumat (5/8/2022).

Otoritas Palestina melaporkan bahwa serangan tersebut menewaskan setidaknya 10 orang, termasuk Taysir Al-Jabari, komandan Brigade Al-Quds, sayap militer dari Jihad Islam, kelompok yang bertujuan mendirikan negara Palestina.

Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata Israel menyatakan bahwa serangan tersebut adalah respons atas “ancaman dekat” dari milisi Palestina.

Melansir Associated Press, juru bicara itu menyebut Al-Jabari ditargetkan dalam serangan ini dan mengeklaim dia bertanggung jawab atas “berbagai serangan” ke Israel.

Pemakaman Al-Jabari sendiri segera digelar di Jalur Gaza, di mana lebih dari dua juta orang terjebak sejak Israel memberlakukan blokade pada 2007.

Ratusan pelayat mengiringi jenazahnya dan korban tewas lain, mengibarkan bendera Palestina dan Jihad Islam serta menyerukan pembalasan.


Baca Juga: Israel: Hamas Kembali Bangun Terowongan, Pabrik & Gudang Senjata di Gaza

Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan bahwa seorang gadis 5 tahun dan perempuan 23 tahun juga tewas dalam serangan Israel. Namun, otoritas Palestina tidak membedakan korban sipil dengan milisi.

Sementara itu, militer Israel memperkirakan sekitar 15 milisi tewas dalam serangannya. Korban luka disebut mencapai puluhan.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV/Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x