Kompas TV olahraga kompas sport

Patahkan Mitos Tuan Rumah, Indonesia Dipastikan Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Kompas.tv - 5 Agustus 2022, 21:20 WIB
patahkan-mitos-tuan-rumah-indonesia-dipastikan-juara-umum-asean-para-games-2022
Ketua Chef de Mission (CdM) Andi Herman memastikan Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Ketua Chef de Mission (CdM) Andi Herman mengatakan Indonesia dipastikan menjadi juara umum di ajang ASEAN Para Games (APG) 2022.

Dalam APG 2022 yang diselenggarakan di Solo dari 30 Juli-6 Agustus, perolehan medali kontingen Merah Putih sudah tidak bisa lagi dikejar oleh negara lain.

"Alhamdulillah sampai malam ini kalau sesuai website Indonesia sudah mendapatkan 151 emas, tapi data riil di lapangan ada 168 emas," kata Andi dikutip dari Antara, Jumat (5/8/2022).

Ia menjelaskan perbedaan data tersebut dikarenakan masih ada sebagian perolehan medali yang belum diseremonikan sehingga belum tercatat secara resmi di website ASEAN Para Games.

Menurut laman resmi APG 2022 hingga Jumat hari ini pukul 20.30 WIB, Indonesia berada di peringkat pertama klasemen perolehan medali dengan raihan 387 medali yang terdiri dari 153 emas, 130 perak dan 104 perunggu.

Andi kemudian mengatakan pencapaian di ajang ASEAN Para Games 2022 jauh melebihi target awal yakni 104 medali emas.

Bahkan, ada beberapa cabang olahraga yang mampu mencapai lebih dari 300 persen dari target semula.

Baca Juga: Klasemen Sementara ASEAN Para Games 2022: Kontingen Indonesia Lampau Target Medali

"Beberapa capaian ada pemecahan rekor, bahkan ada beberapa atlet yang memecahkan rekornya sendiri. Ini menjadi catatan prestasi pribadi atlet, merupakan capaian luar biasa bagi atlet," tuturnya.

Menurutnya, hasil yang diraih di ASEAN Para Games 2022 tidak lepas dari dukungan seluruh pihak tanpa terkecuali.

"Ini yang membuat atlet semangat, ada momen mengekspresikan diri tanpa ada perbedaan dengan atlet lain (bukan atlet difabel)," ujarnya.

Meski begitu, Andi juga mengakui memang ada cabang olahraga yang gagal mencapai target yaitu sepak bola cerebral palsy (CP) saat kalah dari Thailand lewat adu penalti pada final di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.


"Seluruh target yang dicanangkan CdM semua terpenuhi kecuali satu, yakni sepak bola CP kita kalah adu penalti dengan Thailand. Kami dapat perak, kalau prediksinya emas," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Pelaksana INASPOC Rima Ferdianto mengatakan ada fakta menarik dari ASEAN Para Games kali ini, yakni tuan rumah berhasil menjadi juara umum.

Indonesia berhasil mematahkan mitos karena di lima penyelenggaraan terakhir, tidak ada tuan rumah yang berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games.

"Di lima APG terakhir yang namanya tuan rumah tidak pernah juara umum. Baru kali ini kita mematahkan mitos tersebut," ungkapnya.

Setelah berakhirnya ASEAN Para Games 2022, pada Sabtu (6/8/202) besok, upacara penutupan akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Baca Juga: Gibran Sebut Penutupan ASEAN Para Games 2022 Pasti Lebih Meriah, Lebih Banyak Artis, Ada BCL



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x