Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI Gelar Lomba Kicau Burung, Ajak Warga Jaga Kelestarian Burung

Kompas.tv - 6 Agustus 2022, 01:05 WIB
pemprov-dki-gelar-lomba-kicau-burung-ajak-warga-jaga-kelestarian-burung
Foto ilustrasi seekor burung gagang (Raven) yang bertengger bebas, burung ada dalam kisah Ibrahim bin Adham. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur Jakarta pada 6-7 Agustus 2022 (Sumber: Tyler Quiring/Unsplash)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur Jakarta selama dua hari mulai hari ini, Sabtu (6/8/2022) hingga besok (7/8). 

Perlombaan ini digelar untuk memeriahkan Jakarta Hajatan ke-495 tahun dan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

"Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Target peserta dalam kegiatan ini sebanyak 4.000 orang dari komunitas pecinta burung," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Suharini Eliawati dalam keterangan resmi, Jumat (5/8). 

Baca Juga: Gelar Kampanye Setop Pelecehan Seksual, TransJakarta Optimalkan Penggunaan CCTV

Suharini mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana atas kolaborasi bersama komunitas Branjes Batavia, B16, NZR, Ebod Jaya dan komunitas burung lainnya. 

Menurut Suharini, selain sebagai ajang silaturahmi para pecinta burung, lomba ini diselenggarakan untuk mengajak masyarakat turut menjaga kelestarian burung.

Terutama jenis burung yang hampir punah dan mulai jarang ditemukan di habitat aslinya seperti burung jenis Anis Merah.


Burung endemik Jawa dan Bali ini memang sulit dikembangbiakkan. Kelas lombanya pun jarang diadakan.

Lebih lanjut, Suharini menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, dapat mendaftar melalui komunitas Branjes Batavia dengan menghubungi nomor 0858-8830-0300 atau mendaftar secara langsung pada hari pelaksanaan, 7 Agustus 2022, sejak jam 07.00.

Baca Juga: Jadi Korban atau Saksi Pelecehan Seksual di Angkutan Umum, Pemprov DKI Ajak Warga Lapor ke Nomor Ini

Selain kegiatan utama Lomba Kicau Burung tanggal 7 Agustus, akan dilaksanakan pula kegiatan city tour ke Jakarta International Stadium (JIS) bagi perwakilan peserta lomba pada 6 Agustus 2022.

"Dalam kegiatan ini, kami juga menghadirkan bazar UMKM binaan Jakpreneur yang menyediakan produk-produk lokal berkualitas. Sehingga, harapannya, kegiatan ini dapat membantu perekonomian masyarakat," kata dia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.