Kompas TV regional berita daerah

Seru! Wisata Gratis Naik Kapal Perang Indonesia

Kompas.tv - 5 Agustus 2022, 10:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Laut (AL) menggelar open ship atau membuka kapal perangnya, untuk dikenalkan kepada masyarakat Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Pelabuhan Tanjung Emas. Open ship kapal perang ini digelar selama dua hari, yakni Rabu (3/8/2022) dan Kamis (4/8/2022).

Dua Kapal perang Republik Indonesia atau KRI yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas tersebut dijadikan wisata sementara oleh masyarakat. Pengunjung yang datang dipersilahkan masuk untuk berkeliling di dua kapal perang, yakni KRI Fatahillah 361 dan KRI Spica 934.

Dengan dipandu oleh para anggota TNI AL, anak-anak sekolah dan masyarakat umum bisa melihat isi di dalam kapal perang tanpa dipungut biaya. Selain sebagai wisata sementara, kegiatan tersebut dilakukan untuk memberi edukasi mengenai KRI dan kekuatan Angkatan Laut Indonesia.

"Kami mengadakan kegiatan open ship. Kita mendatangkan dua kapal perang, yang pertama dari kapal perang Ko Armada (Koa) II, yaitu KRI Fatahillah 361 jenis kapal kombatan, dan di belakang saya adalah kapal survei, KRI Spica," jelas Hariyono Masturi, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Semarang.

Para pengunjung yang bisa menaiki kapal perang pun mengaku senang dan takjub dengan kehebatan alutisista TNI AL Indonesia.

"Seru, kita dapat ilmu baru dari sini. Tadi juga ada band dari SMA 5 juga. Keren banget," kata Poonam Dillon Azalya, Pengunjung.

"Ya senang, mau memperkenalkan kalau ada kapal perang yang bisa dimasuki oleh umum," ujar Sri Lestari, pengunjung.

Diharapkan, kegiatan serupa bisa sering digelar, agar banyak siswa sekolah dan masyarakat yang datang untuk bisa mengenal dan menumbuhkan kecintaan terhadap TNI AL.

#tnial #kapalperang #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x