Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Deklarasikan Keadaan Darurat Kesehatan Cacar Monyet

Kompas.tv - 5 Agustus 2022, 09:24 WIB
amerika-serikat-deklarasikan-keadaan-darurat-kesehatan-cacar-monyet
Amerika Serikat hari Kamis, (4/8/2022) deklarasikan keadaan darurat kesehatan cacar monyet. Foto nampan berisi vaksin Jynneos untuk cacar monyet dari kotak berisi 20 dosis, di pusat vaksin di Rumah Sakit Umum Zuckerberg San Francisco, 29 Juli 2022, di San Francisco (Sumber: Lea Suzuki/San Francisco Chronicle via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti
Amerika Serikat hari Kamis, (4/8/2022) deklarasikan keadaan darurat kesehatan cacar monyet. Foto nampan berisi vaksin Jynneos untuk cacar monyet dari kotak berisi 20 dosis, di pusat vaksin di Rumah Sakit Umum Zuckerberg San Francisco, 29 Juli 2022, di San Francisco (Sumber: Lea Suzuki/San Francisco Chronicle via AP)

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Pemerintah federal Amerika Serikat hari Kamis, (4/8/2022) mendeklarasikan keadaan darurat kesehatan masyarakat untuk meningkatkan respons terhadap wabah cacar monyet yang telah menginfeksi lebih dari 7.100 orang di Amerika Serikat, seperti laporan Associated Press, Jumat, (5/8/2022).

Deklarasi tersebut akan membuka pintu untuk penyediaan dana, anggaran dan sumber daya lainnya untuk melawan virus cacar monyet, yang dapat menyebabkan demam, nyeri tubuh, kedinginan, kelelahan, dan benjolan seperti jerawat di banyak bagian tubuh.

"Kami siap untuk memberi tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius," kata Xavier Becerra, kepala Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Deklarasi oleh Department of Health and Human Services HHS itu datang ketika pemerintahan Biden menghadapi kritik atas ketersediaan vaksin cacar monyet.

Klinik di kota-kota besar seperti New York dan San Francisco mengatakan mereka belum menerima jumlah vaksin yang cukup untuk dua suntikan untuk memenuhi permintaan, dan beberapa klinik harus berhenti menawarkan dosis kedua vaksinasi untuk memastikan pasokan dosis pertama tersedia.


 

Gedung Putih mengatakan telah menyediakan lebih dari 1,1 juta dosis dan telah membantu meningkatkan kapasitas diagnostik domestik menjadi 80.000 tes per minggu.

Virus cacar monyet menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit yang berkepanjangan, termasuk berpelukan, berpelukan dan berciuman, serta berbagi tempat tidur, handuk, dan pakaian.

Baca Juga: Kota New York Deklarasikan Darurat Kesehatan Wabah Cacar Monyet

Daniel Rofin, 41, menerima vaksin cacar monyet dari seorang profesional kesehatan di pusat medis di Barcelona, Spanyol, 26 Juli 2022. AS akan mengumumkan darurat kesehatan masyarakat untuk meningkatkan tanggapan federal terhadap wabah cacar monyet. Amerika Serikat deklarasikan keadaan darurat kesehatan cacar monyet. (Sumber: AP Photo/Fancisco Seco)

Orang-orang yang sakit sejauh ini terutama adalah laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Tetapi pejabat kesehatan menekankan virus itu dapat menginfeksi siapa saja.

Belum ada seorang pun di Amerika Serikat yang meninggal. Beberapa kematian telah dilaporkan di negara lain.

Awal pekan ini, pemerintahan Biden menunjuk pejabat tinggi dari Badan Manajemen Darurat Federal dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC menjadi koordinator Gedung Putih untuk memerangi cacar monyet.

Deklarasi hari Kamis di Amerika Serikat itu adalah langkah penting – dan terlambat –, kata Lawrence Gostin, pakar hukum kesehatan masyarakat di Universitas Georgetown.

"Ini menandakan keseriusan dan tujuan pemerintah AS, dan membunyikan alarm global," katanya.

Di bawah deklarasi tersebut, HHS dapat menggunakan dana darurat, mempekerjakan atau menugaskan kembali staf untuk menangani wabah dan mengambil langkah lain untuk mengendalikan virus.

Baca Juga: Satu Warga Suspek, Dinkes Jateng Ungkap Gejala Cacar Monyet

WHO hari Sabtu (23/7/2022) mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Amerika Serikat hari Kamis, (4/8/2022) deklarasikan keadaan darurat kesehatan cacar monyet. (Sumber: UN Multimedia)

Misalnya, pengumuman tersebut akan membantu pemerintah federal untuk mencari lebih banyak informasi dari pejabat kesehatan negara bagian dan lokal tentang siapa yang terinfeksi dan siapa yang divaksinasi.

Informasi itu dapat digunakan untuk lebih memahami bagaimana wabah berlangsung dan seberapa baik vaksin bekerja.

Gostin mengatakan pemerintah AS terlalu berhati-hati dan seharusnya mengumumkan keadaan darurat nasional lebih awal.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x