Kompas TV internasional kompas dunia

Kemhan Jepang: 5 Rudal China Mendarat di ZEE Jepang

Kompas.tv - 5 Agustus 2022, 00:05 WIB
kemhan-jepang-5-rudal-china-mendarat-di-zee-jepang
Rudal balistik yang ditembakkan China diyakini mendarat di zona ekonomi eksklusif ZEE Jepang, kata Kemhan Jepang (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

TOKYO, KOMPAS.TV - Rudal balistik yang ditembakkan China diyakini mendarat di zona ekonomi eksklusif ZEE Jepang untuk pertama kalinya. Rudal ini terkait aksi China yang menggelar latihan militer besar-besaran di perairan sekitar Taiwan.

“Lima dari sembilan rudal balistik yang diluncurkan oleh China diyakini mendarat di ZEE Jepang,” kata Menhan Jepang Nobuo Kishi kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Empat dari lima rudal "diyakini terbang di atas pulau utama Taiwan", kata kementerian pertahanan Jepang. Mereka tampaknya diluncurkan dari Provinsi Fujian, pantai Zhejiang dan pedalaman China.

"Kementerian Pertahanan dan Pasukan Bela Diri akan terus melakukan segala upaya untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dan melakukan peringatan dan pengawasan," kata kementerian itu.

Jepang sendiri telah mengajukan protes kepada China melalui saluran diplomatik, dengan menyebut bahwa hal itu permasalahan serius yang dapat memengaruhi keamanan nasional dan keselamatan warga kedua negara.

Bagian dari wilayah pulau paling selatan Jepang Okinawa dekat dengan Taiwan.

Baca Juga: Moskow Bela Beijing yang Lakukan Latihan Militer Dekat Taiwan: Itu Hak Kedaulatan China

Sebuah proyektil diluncurkan dari lokasi yang tidak ditentukan di China, Kamis, 4 Agustus 2022. Rudal balistik yang ditembakkan China diyakini mendarat di zona ekonomi eksklusif ZEE Jepang, kata Kemhan Jepang. (Sumber: CCTV via AP Photo)

ZEE membentang hingga 200 mil laut (370km) dari garis pantai Jepang, di luar batas perairan teritorialnya 12 mil.

Jumlah sembilan rudal yang ditembakkan adalah penilaian pihak Jepang, kata Kishi, seraya menambahkan lima rudal tampaknya mendarat di barat daya Pulau Hateruma Okinawa.

China mengadakan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan, yang dianggapnya sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan bersatu kembali, dengan kekerasan jika perlu.

Unjuk kekuatan dipicu oleh kunjungan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, meskipun ada peringatan keras dari Beijing.

Latihan itu melibatkan “serangan senjata rudal konvensional” di perairan timur Taiwan, kata militer China.

Jepang, pada hari Rabu, menyatakan keprihatinannya kepada China atas latihan tersebut, dengan mengatakan latihan tersebut direncanakan akan dilakukan di wilayah maritim yang tumpang tindih dengan ZEE-nya.

Baca Juga: Beijing Luncurkan 2 Rudal Dongfeng, Taiwan Sebut Cara China Serupa dengan Korea Utara

Rudal balistik yang ditembakkan China diyakini mendarat di zona ekonomi eksklusif ZEE Jepang, kata Kemhan Jepang (Sumber: Straits Times)


Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.