Kompas TV nasional rumah pemilu

Anggota Komisi II DPR Desak Pemerintah Segera Cairkan Anggaran KPU untuk Tahapan Pemilu 2024

Kompas.tv - 4 Agustus 2022, 13:58 WIB
anggota-komisi-ii-dpr-desak-pemerintah-segera-cairkan-anggaran-kpu-untuk-tahapan-pemilu-2024
Anggota DPR dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) lantaran menolak karantina usai tiba dari luar negeri. (Sumber: Dok. Humas DPR RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mendesak pemerintah untuk segera mencairkan anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk tahapan Pemilu 2024 pada tahun 2022. 

Adapun total anggaran yang dibutuhkan KPU untuk tahapan pemilu dan persiapan pada 2022 mencapai Rp8,06 triliun dan nilainya sudah disetujui DPR.

Anggaran KPU 2022 yang telah teralokasi sebesar Rp2,45 triliun. 

Baca Juga: KSP Pastikan Pemerintah Akan Cairkan Seluruh Anggaran KPU untuk Tahapan Pemilu 2024

Lalu pada 26 Juli, melalui surat Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Nomor 5-336/AG/AG 5/2022, tambahan anggaran KPU yang disetujui baru sebesar Rp 1,24 triliun.

Dengan penambahan tersebut, total anggaran yang diterima baru 45,87 persen dari kebutuhan yang diusulkan sebesar Rp 8,06 triliun atau masih ada kekurangan anggaran sekitar Rp4,3 triliun.

"Untuk dapat menyelenggaran berbagai tahapan pemilu, KPU tentu sangat membutuhkan dukungan anggaran yang memadai," kata Guspardi kepada wartawan, Kamis (4/8/2022). 

Ia mengingatkan kepada Kementrian Keuangan agar dapat memberikan perhatian lebih khusus dalam mempercepat realiasi kekurangan anggaran yang dibutuhkan KPU sesuai dengan prioritas kebutuhan yang telah disetujui. 

"Kita juga berharap dukungan dari kawan-kawan di Badan anggaran untuk meminta Menteri Keuangan agar anggaran KPU dapat segera dicairkan. Hal ini demi kelancaran tahapan pemilu dan program yang telah dirancang oleh KPU," ujarnya. 

Meski begitu, dirinya meminta kepada KPU untuk dapat mengoptimalkan anggaran yang sudah ada dalam melaksanakan berbagai tahapan pesta demokrasi dengan maksimal. 

Sebelumnya, Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro memastikan anggaran KPU RI untuk tahapan Pemilu 2024 pada tahun 2022 akan dicairkan pemerintah. 

"Pasti (dipenuhi) yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pemilu. Jadi enggak ada masalah. Pasti diselesaikan," kata Juri di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (4/8/2022). 

Ia menyebut, anggaran KPU untuk tahapan Pemilu 2024 sudah disepakati antara pemerintah dan DPR, sehingga tak perlu diragukan ihwal pencairan anggarannya. 

Baca Juga: Sepakati Anggaran Pemilu 2024 Rp 76,6 Triliun, Honor Petugas KPPS Naik Hingga 3x Lipat

"Besarannya berapa kan sudah ada kesepakatan KPU, DPR dan Pemerintah. Itukan sesuatu yang sifatnya dinamis. Yang penting seluruh tahapan jalan dan anggarannya ada," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.