Kompas TV regional berita daerah

Ritual Baritan Harapkan Hasil Laut yang Melimpah

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 21:14 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ribuan warga sejak pagi memadati Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Asemdoyong, Taman, Kabupaten Pemalang. Mereka rela berdesakan demi ingin menyaksikan ritual 'sedekah laut' atau dalam bahasa lokal kerap disebut 'Baritan'.

 

Para nelayan percaya tradisi yang sudah turun-temurun ini dapat mendatangkan hasil laut yang melimpah. Meriahnya baritan kali ini dikarenakan sebelumnya dihelat secara sederhana akibat dampak pandemi Covid-19.

 

Berbagai sesaji, kepala kerbau, dan hasil bumi diarak dari balai Desa menuju ke TPI untuk nantinya dilarung di tengah laut. Ritual kali ini ada tiga ancak yang dilepas langsung oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo. Agung berharap tradisi turun-temurun yang digelar pertama kali pasca pandemi ini dapat dilestarikan.

 

Agung menambahkan baritan ini sebagai upaya memperkenalkan tradisi adat budaya Jawa kepada generasi muda, di tengah-tengah gempuran budaya asing yang begitu populer belakangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.