Kompas TV video sinau

Mengenal Manfaat dari Anggur Laut, Tanaman Apa Itu?

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 19:38 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Anggur laut (Caulerpa racemosa) merupakan salah satu jenis rumput laut menyebar di beberapa perairan Indonesia.

Melansir Kompas.com, tanaman ini mempunyai julukan green caviar, memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, yodium, dan kalsium.

"Anggur laut memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi karena kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein tinggi, lemak serta mengandung berbagai mineral seperti fosfor, potasium, sodium, dan zat besi", papar Dr Woro Hastuti Satyantini, Wakil dekan I Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (UNAIR).

Dr Woro menambahkan,  vitamin A, B1, B2, B6, B12, dan vitamin C dalam anggur laut bersifat antioksidan, artinya semua kandungan tersebut mampu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Dr Woro juga memaparkan, ekstrak agar & karagenan dalam anggur laut, bermanfaat untuk bahan masakan, yakni sebagai pengental minuman.

Meski memiliki potensi yang besar, sayangnya anggur laut belum dibudidayakan dengan baik, ungkap Dr woro.

Ia menegaskan, dalam pembudidayaan tersebut wajib memerhatikan dan menjaga kelestarian alam, supaya tanaman anggur laut tetap bisa lestari.

Baca Juga: Makan Buah Sebelum atau Setelah Makan, Mana Lebih Tepat?

Editor Video & Grafis: Arief Rahman



Sumber : Diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x