Kompas TV nasional kesehatan

Seorang Warga Jawa Tengah Suspek Cacar Monyet, Ganjar Minta Pintu Masuk Indonesia Diperketat

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 16:02 WIB
seorang-warga-jawa-tengah-suspek-cacar-monyet-ganjar-minta-pintu-masuk-indonesia-diperketat
Ganjar Pranowo (kiri) menyebut warga Jawa Tengah (Jateng) yang suspek cacar monyet atau monkeypox saat ini sedang dalam pantauan dinas kesehatan setempat. (Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV – Seorang warga Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang suspek cacar monyet atau monkeypox saat ini sedang dalam pantauan dinas kesehatan setempat.

Penjelasan itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai menerima Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidronal) Laksamana Madya Nurhidayat, di kantornya, Rabu (3/8/2022).

Menurutnya, pasien suspek cacar monyet tersebut dalam pantauan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Ganjar menegaskan, pasien tersebut statusnya bergejala, namun belum dapat dipastikan positif cacar monyet.

“Kita belum berani menentukan apakah itu monkeypox atau bukan, tetapi kita lagi pantau,” ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis Pemprov Jateng.

Ganjar menambahkan, sebelumnya juga ditemukan kasus serupa di Jateng, yakni pasien dengan gejala mirip monkeypox. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya negatif.

Baca Juga: Kota New York Deklarasikan Darurat Kesehatan Wabah Cacar Monyet

“Dulu pernah ada yang masuk ke kami, saya udah cek, tetapi hasil lab pemeriksaan terakhirnya bukan, alhamdulillah,” tuturnya.


Meski demikian, Ganjar mengimbau masyarakat tetap waspada. Ia juga berharap pemerintah pusat memperketat pintu masuk ke Indonesia, mengingat asal wabah ini dari luar negara.

“Kami meminta, karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar kita bisa aman,” tegasnya.

Ganjar mengimbau masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, untuk tidak panik. Menjaga pola hidup sehat dan protokol kesehatan, kata Ganjar, wajib dilakukan atas kesadaran masing-masing.

Baca Juga: Guru Besar UGM Beberkan Cara Penularan Cacar Monyet dari Hewan ke Manusia

“Masyarakat Jawa Tengah nggak perlu panik, kalau merasa tidak sehat segera periksa, itu yang paling gampang. Dalam konteks Covid juga sama, segera lakukan booster, pakai maskermu sehingga insyaallah aman,” tandasnya.

Sebagai informasi, seorang warga Jawa Tengah diketahui telah tertular penyakit cacar monyet atau monkeypox. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah menyatakan, warga yang tertular penyakit cacar monyet tersebut statusnya masih sebatas suspek atau bergejala.

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar mengatakan, pasien tersebut saat ini menjalani isolasi. Kondisinya juga masih dipantau secara intensif oleh pihak rumah sakit setempat.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x