Kompas TV nasional peristiwa

Ternyata Irjen Ferdy Sambo Sudah Diperiksa Tim Khusus, Benny Mamoto Jelaskan soal Hasilnya

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 11:32 WIB
ternyata-irjen-ferdy-sambo-sudah-diperiksa-tim-khusus-benny-mamoto-jelaskan-soal-hasilnya
Ketua Harian Kompolnas Benny Jozua Mamoto (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kadiv Propam Nonaktif Polri Irjen Ferdy Sambo ternyata sudah diperiksa oleh tim khusus kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Berdasarkan keterangan Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Jozua Mamoto, proses menggali keterangan untuk mengungkap penyebab tewasnya Brigadir J memang tidak sepenuhnya disampaikan ke publik.

“Kami sudah cek, sudah diperiksa (Irjen Ferdy Sambo) memang semua kegiatan yang dilakukan oleh tim khusus ini tidak semuanya diumumkan ke publik,” kata Benny Mamoto dalam Kompas Malam, Selasa (2/8/2022).

“Tetapi proses ini tetap berjalan terus.”

Baca Juga: Komnas HAM Tunggu Keterangan Istri Irjen Ferdy Sambo, Saksi Kunci Kasus Tewasnya Brigadir J

Kompolnas, kata Benny Mamoto, memastikan akan terus mengawasi dan mengkuti perkembangan dari kasus tewasnya Brigadir J.

“Kami dari Kompolnas terus mengawasi dan mengikuti perkembangan kasus ini dalam hal penanganannya, jadi kita semua mengikuti melalui media,” ucapnya.


 

“Kemarin, sudah ada apa namanya pemeriksaan TKP dalam konteks uji balistik, kemudian juga pemeriksaan pendalaman.”

Dalam keterangannya, Benny menyampaikan Kompolnas juga telah menyepakati untuk mengagendakan pemanggilan tim dari Puslabfor dan Pusinafis serta digital forensik.

Baca Juga: Tolak Asesmen Diwakilkan, LPSK Ingin Lacak Penyebab Sebenarnya Istri Ferdy Sambo Trauma

“Sudah disepakati waktunya, sehingga kami akan terus melakukan langkah-langkah untuk memastikan bahwa proses penyidikan ini berjalan, kalau bisa secepatnya karena publik sangat menunggu pengungkapan kasus ini,” ujar Benny Mamoto.

Lantas dikonfirmasi, apa yang didapatkan Kompolnas dari hasil pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo, Benny Mamoto menolak menjelaskan. Dia mengatakan perihal hasil pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo akan disampaikan oleh tim khusus yang telah dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Ya nanti itu biar tim khusus lah yang menyampaikan, kami hanya mengecek apakah sudah dilakukan, ternyata sudah dilakukan,” kata Benny Mamoto.

Baca Juga: Mahfud MD Yakin Kasus Tewas Brigadir J di Rumah Irjen Ferdy Sambo akan Ada Ujungnya

Sebagaimana diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memang membentuk tim khusus untuk dapat mengungkap perkara tewasnya Brigadir J secara profesional.

Adapun Brigadir J tewas di rumah Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta, pada 8 Juli 2022 setelah baku tembak dengan Bharada E.

Di dalam tim khusus bentukan Kapolri tersebut, ada Kompolnas dan Komnas HAM yang bekerja secara eksternal dan independen untuk perkara ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x