Kompas TV nasional sosok

Laksamana Maeda, Perwira Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia, Masa Tuanya Merana

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 06:30 WIB
laksamana-maeda-perwira-jepang-yang-membantu-kemerdekaan-indonesia-masa-tuanya-merana
Laksamana Tadashi Maeda. (Sumber: Kompas.com-)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyusunan naskah teks proklamasi dapat terwujud, salah satunya berkat bantuan perwira Jepang di Indonesia, Laksamana Muda Tadashi Maeda atau sering disebut Laksamana Maeda saja.

Lelaki yang lahir di Kota Kajiki, prefektur Kagoshima, Jepang, pada tanggal 3 Maret 1898 ini, adalah perwira penghubung Angkatan Laut dan Angkatan Darat Tentara Kekaisaran Jepang selama perang Pasifik.

Namun selama bertugas di Indonesia, dia jatuh hati kepada para pemuda Indonesia yang gigih memerdekakan diri. Maka saat Jepang kalah perang, dia pun tak bisa berbuat banyak selain membiarkan Soekarno dan kawan-kawan merebut kemerdekaan.

Ketika Soekarno-Hatta dan rombongan pulang dari Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, pada 16 Agustus 1945 setelah diculik oleh sejumlah anak muda, salah satu yang dipersiapkan adalah mencari lokasi untuk menyusun naskah teks proklamasi.

Baca Juga: Teks Proklamasi Hari Hari Humor Nasional Dibacakan Puteri Gus Dur, Begini Isinya

Saat itu, salah satu pilihan adalah di Hotel des Indes. Salah seorang pemuda bernama Subardjo diminta menelepon Hotel des Indes. Namun, pihak hotel menjawab bahwa lewat dari pukul 22.00 WIB, tidak boleh mengadakan kegiatan apa pun juga.

Mengutip buku "Menuju Gerbang Kemerdekaan" karya Mohammad Hatta (terbitan KOMPAS tahun 2011), saat itu juga Subardjo mengusulkan untuk menelepon Laksamana Maeda, minta izin dipinjamkan rumahnya yang kini terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Tanpa disangka, Maeda mengabulkan dengan senang hati.

Setelah itu, seluruh anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan yang semuanya menginap di Hotel des Indes, diminta untuk datang ke rumah Maeda pada pukul 24.00 WIB. 


Sejak pukul 22.00 WIB, Soekarno dan Hatta sudah sampai di rumah Maeda. Di sana, sudah berkumpul pula sejumlah perwira Jepang selain Maeda, di antaranya Tuan Miyoshi.

Saat itu, Maeda menyambut gembira dan menyalami semua tamu yang hadir. Soekarno yang kala itu bicara, menyatakan rasa terima kasihnya.

"Itu kewajiban saya yang mencintai Indonesia merdeka," jawab Maeda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.