Kompas TV nasional politik

Kemensos Telusuri Data Beras Bansos yang Dikubur Buat Pastikan Apakah Termasuk Program Pusat

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 21:00 WIB
kemensos-telusuri-data-beras-bansos-yang-dikubur-buat-pastikan-apakah-termasuk-program-pusat
Mensos Tri Rismaharini menyatakan Kemensos telah membentuk tim untuk menelusuri temuan beras bantuan Presiden Jokowi yang dikubur di Sukmajaya, Depok., Selasa (2/8/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Sosial (Kemensos) sedang menelusuri data beras bantuan Presiden Joko Widodo yang dikubur di lapangan di kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Depok.

Mensos Tri Rismaharini menyatakan pihaknya telah membentuk dua tim untuk menelusuri temuan beras bantuan Presiden Jokowi yang ditemukan di Sukmajaya, Depok.

Tim pertama ditugaskan untuk mengecek adminstrasi terkait proses kontrak dengan Perum Bulog, sedangkan tim lain mengecek ke lokasi apakah benar beras bansos tersebut merupakan dari Kemensos.

Baca Juga: Ungkap Kasus Temuan Beras Bansos, Polisi Sebut Beras yang Dikubur Sebanyak 289 Karung!

Menurut Risma Kemensos memang membuat kontrak dengan Bulog untuk pengadaan beras bansos, namun proses distribusi diserahkan sepenuhnya kepada Bulog. 

Seperti kontrak pada bulang Agustus hingga Oktober 2020, Kemensos memberikan bantuan 15 Kilogram beras untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). 

Dalam kontrak tersebut diketahui Bulog menyerahkan penyaluran bansos melalui PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dan PT Dos Ni Roha (PT DNR). 

Namun, sambung Risma, untuk beras yang ditemui dikubur pihaknya masih mencari data apakah beras tersebut merupakan bantuan presiden melalui Kemensos.

Baca Juga: Geger! Warga Depok Temukan 1 Ton Paket Sembako Terkubur Dalam Tanah di Kawasan Kalimulya

"Kita masih proses pengumpulan data tersebut terkait penyaluran bansos yang dari Bulog," ujar Risma. 

Risma menambahkan penerlusuran data yang dilakukan tim pertama ini nantinya akan bekerja sama dengan Bareskrim Polri.

Selanjutanya hasil penelusuran di lokasi penemuan beras bansos dikubur, tim kedua menduga paket bansos tersebut bukan milik Kemensos.

Baca Juga: JNE Sebut Beras Bansos yang Ditimbun Rusak Saat Distribusi dari Bulog, Menko PMK Buka Suara!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.