Kompas TV nasional peristiwa

LPSK: Asesmen Istri Ferdy Sambo Tak Bisa Diwakilkan, Permohonan Perlindungan Belum Bisa Diproses

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 21:11 WIB
lpsk-asesmen-istri-ferdy-sambo-tak-bisa-diwakilkan-permohonan-perlindungan-belum-bisa-diproses
Wakil Ketua LPSK Susilaningtias (kiri) saat menyampaikan keterangan mengenai proses permohonan perlindungan saksi atas nama Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo, Selasa (2/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menegaskan bahwa proses asesmen untuk permohonan perlindungan saksi yang diajukan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, tidak bisa diwakilkan.

LPSK tidak bisa memproses permohonan perlindungan yang diajukan Putri selama asesmen belum dilakukan.

Wakil Ketua LPSK Susilaningtias menyebut proses asesmen harus dilakukan langsung. Jika tidak bisa sesuai jadwal, pihak LPSK akan melakukan penjadwalan ulang.

"Dari Ibu Putri, kami belum melakukan karena beliau masih dalam kondisi trauma dan belum bisa berjumpa dengan LPSK maupun psikolog yang ditunjuk oleh LPSK," kata Susilaningtias dalam program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Selasa (2/8/2022).

"Namun, kuasa hukum dan psikolog yang menangani istri Sambo selama ini telah menyampaikan kondisinya, belum bisa.”

Pada Senin (1/8/2022), kuasa hukum dan psikolog istri Irjen Ferdy Sambo mendatangi LPSK dengan maksud mewakili untuk asesmen. Namun, LPSK menolaknya karena proses asesmen psikologis tidak boleh diwakilkan.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menegaskan asesmen psikologis harus dilakukan sendiri terhadap pihak bersangkutan, yakni Putri Candrawathi.

“Jadi kita akan lacak nanti, jika seseorang mengalami trauma, traumanya karena apa? Apakah karena kekerasan seksual? Apakah karena pemberitaan kalian (media)? Atau karena persoalan-persoalan lain? Ini akan kita gali,” kata Hasto kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa, seperti dikutip dari tayangan berita KOMPAS TV.


Baca Juga: Komnas HAM akan Panggil Irjen Ferdy Sambo setelah Terima Hasil Uji Balistik dan Periksa Rekaman CCTV

Sementara itu, Susilaningtias mengatakan, tempat asesmen terhadap istri Irjen Ferdy Sambo bisa menyesuaikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x