Kompas TV nasional agama

Kemenag: Hari Ini 55.473 Orang Tiba di Tanah Air, 83 Orang Meninggal Dunia

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 18:23 WIB
kemenag-hari-ini-55-473-orang-tiba-di-tanah-air-83-orang-meninggal-dunia
Jemaah haji yang syukur syukur saat tiba di Indonesia. Ini merupakaa jemaah yang tiba di bandara Solo, Sabtu dinihari (16/7/2022 (Sumber: Kementerian Agama)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Per hari ini, Selasa (2/8/2022) sebanyak 55.473 orang jemaah haji tiba di Tanah Air, serta ada total 83 orang jemaah haji Indonesia meninggal dunia selama proses pelaksanaan haji 2022.

Hal itu dilaporkan Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Setjen Kemenag Akhmad Fauzin yang menjelaskan, per hari ini, sudah lebih dari 50 persen jemaah haji yang sudah pulang ke Indonesia. 

Selain itu, Fauzin yang menjelaskan, pada hari ini, operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M telah memasuki hari ke-60.

“Hari ini jumlah jemaah haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 55.473 orang,” kata Akhmad Fauzin, saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (2/8/2022), diikuti via Yotube Kemenag.

Baca Juga: Seluruh Jemaah Haji Aceh Sudah Pulang ke Tanah Air, Empat Orang Meninggal Dunia

Berkenaan update data jemaah sakit, Akhmad Faizin menyampaikan, saat ini tecatat masih ada 64 jemaah sakit di Tanah Suci.

Untuk jumlahnya, total sebanyak 24 jemaah dirawat di RS Arab Saudi (RSAS), dan 40 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Fauzin juga mengabarkan, jemaah wafat bertambah dua orang di tanah suci. 

Dua orang itu yakni bernama Saeti Jaya Sadimin, perempuan, 63 tahun, Nomor Paspor C63 34 513, kloter JKS 39, asal Embarkasi Jakarta Bekasi, dan Dyan Novi Laila, perempuan, 46 tahun, Nomor Paspor C65 93 665, kloter SUB 33, asal Embarkasi Surabaya.

“Sehingga jumlah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 83 orang,” tandas Akhmad Fauzin.


Tentang kloter pemulangan hari ini, menurut Fauzin, ada beberapa kloter dengan delapan debarkasi. 

Satu kloter menuju Debarkasi Batam/BTH. Lalu ada dua kloter menuju Debarkasi Jakarta - Pondokgede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), dan Solo (SOC).

Selain itu, masing-masing satu kloter menuju Debarkasi Lombok (LOP), Palembang (PLM), Surabaya (SUB), dan Ujungpandang (UPG).

 "Total sebanyak 3.613 jemaah pulang hari ini,” ujar Fauzin.

Untuk kuota jemaah haji, Indonesia total mengirimkan 100.051 jemaah haji.

Saat ini sedang dilakukan proses pemulangan jemaah haji gelombang kedua yang dimulai pada Sabtu 30 Juli 2022. 

Baca Juga: Dua Jemaah Haji Asal Bantul Pulang Lebih Dulu, Ini Alasannya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.