Kompas TV nasional peristiwa

Jakpro Beberkan Penyebab Robohnya Pagar Tribun Penonton JIS saat Grand Launching

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 17:01 WIB
jakpro-beberkan-penyebab-robohnya-pagar-tribun-penonton-jis-saat-grand-launching
Pagar pembatas tribun di Stadion Jakarta International Stadium (JIS) roboh kala acara peluncuran atau grand launching arena olahraga tersebut, Minggu (24/7/2022). (Sumber: Kompas.com/Muhammad Naufa)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) membeberkan hasil analisa penyebab robohnya pagar tribun utara Jakarta International Stadium (JIS) pada malam peresmian atau grand launching pada Minggu, 24 Juli 2022. 

Mantan Project Director JIS Iwan Takwim memaparkan hal itu pada rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/8/22).

Berdasarkan analisa penyebab kejadian, Iwan menyebut adanya beban berlebih pada horizontal barrier karena banyak orang duduk di sana sehingga menyebabkan adanya beban tarik tambahan di luar yang direncanakan.


Baca Juga: Politikus Gerindra: JIS adalah Kendaraan Politik Anies Menuju 2024

"Adanya beban tarik tambahan pada angkur kolom praktis yang menjadi tumpuan horizontal barrier tercabut, hal ini menyebabkan horizontal barrier penonton pada sisi utara, roboh," kata Iwan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa. 

Sehingga, lanjut Iwan, berdasarkan analisa sebelumnya, maka disimpulkan kejadian tersebut terjadi karena horizontal barrier atau pagar pembatas tidak digunakan sebagaimana fungsinya. 

"Di mana terdapat beban tambahan pada horizontal barrier yang diakibatkan invasi suporter dengan cara berdiri atau duduk-duduk di area tersebut," jelas Iwan. 

Iwan menjelaskan, adanya pengelompokan massa pada satu lokasi yang tidak sesuai kapasitas mengakibatkan fungsi berjalan tidak sesuai prosedur yang direncanakan. 

"Sehingga perilaku penonton tidak terkendali dan mengakibatkan kegagalan tersebut," kata dia. 

Baca Juga: Pagar di Tribun JIS Roboh, Pemprov DKI Segera Evaluasi Konstruksi

Sebelumnya, pagar pembatas tribun utara di JIS ambruk pada Minggu, 24 Juli 2022 saat acara peresmian JIS yang dihadiri ribuan orang.

Setelah kejadian, tim Jakpro langsung membersihkan lokasi dan memindahkan pagar yang roboh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x