Kompas TV entertainment lifestyle

Retinol Tak Disarankan untuk Ibu Menyusui, Ini Bahan Skincare yang Aman Menurut Dokter

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 16:10 WIB
retinol-tak-disarankan-untuk-ibu-menyusui-ini-bahan-skincare-yang-aman-menurut-dokter
  Ibu menyusui harus memilih skincare dengan bahan yang aman. (Sumber: Shutterstocks via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu bahan yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit atau skincare adalah retinol. Bahan turunan vitamin A itu diyakini para dermatolog ampuh dalam menjaga kulit tetap lembut dan bening.

Namun, penggunaan bahan retinol saat mengandung dan setelah melahirkan, masih menjadi kontroversi.

"Ada pendapat-pendapat yang kontroversial tentang topik ini, karena jumlah [atau retinol] yang diserap ke dalam aliran darah mungkin cukup minimal," ungkap Deanne Mraz-Robinson, M.D., dermatolog di Westport, Connecticut, Amerika Serikat, seperti dilansir laman Very Well Family.

"Tapi, apa yang kami tahu adalah penggunaan vitamin A sintetis (retinoid) oleh ibu selama masa kehamilan dan menyusui dapat berdampak pada anak," sambungnya. 

Karena itu, tak heran apabila banyak dokter yang akhirnya tidak menyarankan penggunaan bahan aktif ini selama masa menyusui.


Baca Juga: Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Lalu bahan skincare apa saja yang aman untuk ibu menyusui? Dikutip dari laman Hellogiggles, berikut bahan skincare yang aman digunakan untuk ibu menyusui.

1. Vitamin C dan E

Selain menjaga hidrasi kulit supaya tetap lembap, ibu menyusui perlu melindungi kulit dari sinar matahari. Dermatolog Dr. Anna Karp, MD menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E.

"Cari produk-produk dengan bahan-bahan seperti vitamin C dan E. Vitamin C, terutama, bekerja untuk mengurangi hiperpigmentasi yang lazim terjadi pada masa kehamilan karena hormon," ungkap Dr. Karp.

2. Asam Hialuronat (Hyaluronic acid)

Untuk mengatasi kulit kering selama masa menyusui, Dr. Debra Jaliman, MD menyarankan untuk menggunakan produk yang memiliki kandungan bahan Asam Hialuronat (Hyaluronic acid).

Asam hialuronat dapat melembapkan kulit sementara asam laktat dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi kilau minyak pada wajah.

Baca Juga: Program Vaksinasi Keluarga BKKBN, Menyasar Vaksinasi Bagi Ibu Hamil, Menyusui, & Anak 12-17 Tahun

3. Zinc Oxide dengan titanium dioksida

Dr. Debra juga menyarankan penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ia menyarankan tabir surya berbahan mineral dengan zinc oxide dan titanium dioksida sebagai bahan utamanya. Pilihlah tabir surya yang cocok sesuai jenis kulit, ringan, dan bebas pewangi.

4. Gliserin, Shea Butter, dan Squalane

Ibu menyusui juga perlu menjaga kelembapan kulit. Dr. Debra menyarankan untuk menggunakan bahan gliserin, shea butter, dan squalane yang merupakan bahan pelembap yang baik digunakan saat menyusui. Selanjutnya, pakailah produk pembersih wajah yang lembut dan bebas pewangi.

5. Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu bahan skincare populer yang juga bisa menjadi bahan aman untuk ibu menyusui. Dr. Debra mengatakan bahwa niacinamide dapat mencegah bintik hitam terbentuk dan dapat memudarkan peradangan atau kemerahan akibat jerawat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x