Kompas TV internasional kompas dunia

Kronologi Tewasnya Ayman al-Zawahiri, Bos Al Qaeda yang Dituding Pembunuh Ribuan Umat Islam

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 14:04 WIB
kronologi-tewasnya-ayman-al-zawahiri-bos-al-qaeda-yang-dituding-pembunuh-ribuan-umat-islam
Pemimpin Al-Qaeda pengganti Osama bin Laden, Ayman al-Zawahiri, tewas dalam serangan drone Amerika Serikat di Kabul, Afghanistan pada 30 Juli, pukulan terbesar bagi kelompok militan sejak pendirinya Osama bin Laden tewas pada 2011. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pemimpin Al-Qaeda pengganti Osama bin Laden, Ayman al-Zawahiri atau Zawahri, tewas dalam serangan drone Amerika Serikat di Kabul, Afghanistan pada 30 Juli, pukulan terbesar bagi kelompok militan sejak pendirinya Osama bin Laden tewas pada 2011.

Zawahiri bersembunyi selama bertahun-tahun dan operasi untuk menemukan dan membunuhnya adalah hasil kerja "sabar dan gigih" oleh komunitas kontra-terorisme dan intelijen, kata seorang pejabat senior pemerintah AS kepada wartawan.

Hingga pengumuman AS, Zawahiri diisukan berada di wilayah suku Pakistan atau di dalam Afghanistan.

Berbicara dengan syarat anonim, pejabat tersebut memberikan rincian tentang operasi tersebut, seperti laporan Straits Times, Selasa, (2/8/2022).

Selama beberapa tahun, pemerintah AS mengendus jaringan yang dinilai mendukung Zawahiri, dan selama setahun terakhir, setelah penarikan Amerika Serikat dari Afghanistan, para pejabat keamanan AS mengamati indikasi kehadiran Al-Qaeda di Afghanistan.

Tahun ini, para pejabat mengidentifikasi bahwa keluarga Zawahiri, istrinya, putrinya dan anak-anaknya, pindah ke rumah aman di Kabul dan kemudian mengidentifikasi Zawahiri di lokasi yang sama.

Selama beberapa bulan, para pejabat intelijen semakin yakin mereka mengidentifikasi Zawahiri dengan benar di rumah persembunyian Kabul, dan pada awal April mulai memberi pengarahan kepada pejabat senior pemerintah.

Baca Juga: AS Klaim Bunuh Al-Zawahiri, Pemimpin Al-Qaeda Otak Serangan 11 September

Pemimpin Al-Qaeda pengganti Osama bin Laden, Ayman al-Zawahiri, tewas dalam serangan drone Amerika Serikat di Kabul, Afghanistan pada 30 Juli, pukulan terbesar bagi kelompok militan sejak pendirinya Osama bin Laden tewas pada 2011. (Sumber: Al Jazeera)

Menurut data penelitian yang terbit di Fondapol, antara 1979 dan Mei 2021, setidaknya 48.035 serangan teroris yang mencatut nama Islam terjadi di seluruh dunia, di antaranya oleh Al-Qaeda. 

Mereka menyebabkan kematian sedikitnya 210.138 orang, di mana ribuan umat Islam justru terbunuh serangan Al-Qaeda.


 

Rata-rata, setiap serangan terorisme yang mencatut nama Islam mengakibatkan kematian sekitar 4,4 orang.

Identifikasi dan kuantifikasi modus operandi dan sasarannya adalah: Bahan peledak adalah jenis senjata yang paling umum digunakan (43,9%), sedangkan militer adalah sasaran utama (31,7%), di depan warga sipil (25,0%) dan aparat kepolisian (18,3%). 

Jake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional, kemudian memberi pengarahan kepada Presiden Joe Biden.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/Fondapol

BERITA LAINNYA



Close Ads x