Kompas TV tekno aplikasi

Akses Internet Aman Pakai VPN Berbayar, Ini 5 VPN Terbaik 2022

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 16:53 WIB
akses-internet-aman-pakai-vpn-berbayar-ini-5-vpn-terbaik-2022
Ilustrasi data di internet (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutus akses terhadap sejumlah situs atau platform lantaran belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik atau Sistem Elektronik.

Meski begitu, masyarakat masih bisa mengakses situs dan aplikasi yang diblokir Kominfo menggunakan Virtual Private Network (VPN). Tentunya, Anda perlu memilih aplikasi VPN yang terpercaya agar terhindar dari berbagai ancaman, misalnya pencurian data.

Baca Juga: Ingin Akses Situs yang Diblokir Kominfo Pakai VPN Gratis? Pahami Bahayanya

VPN merupakan jaringan privat yang menggunakan koneksi virtual untuk menghubungkan penggunanya ke internet melalui sebuah server yang disediakan oleh penyedia VPN.

Aplikasi VPN berperan sebagai alat keamanan siber yang dapat menyembunyikan alamat IP pengguna maupun melakukan enkripsi data, sehingga mencegah pencurian data pengguna melalui internet oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Penggunaan VPN juga memungkinkan pengguna dapat berselancar di Internet secara privat dan anonim.

Melansir dari organisasi pemberi rekomendasi terkait keamanan berinternet di Amerika Serikat, Security.org, berikut ini sejumlah VPN terpercaya yang terbaik pada tahun 2022:

1. NordVPN

Security.org memberi nilai tertinggi kepada NordVPN sebagai aplikasi VPN terbaik dalam hal menjaga privasi pengguna karena tiga hal.

Pertama, NordVPN hanya melacak data-data mendasar seperti email (surel), informasi pembayaran, dan interaksi layanan konsumen (customer service).

Kedua, aplikasi VPN ini juga berlokasi di Panama, sehingga pemerintah sekali pun tidak dapat memaksa NordVPN menyerahkan data penggunanya.

Ketiga, NordVPN juga memberikan alamat IP khusus ke setiap lokasi server untuk menjaga lalu-lintas data internet pengguna tetap privat. Pengguna NordVPN lain yang terhubung dengan server yang sama akan berbagi alamat IP, sehingga memungkinkan lebih banyak anonim.

Harga VPN ini sekitar 3,29 USD atau Rp49 ribu per bulan.

Baca Juga: PayPal dan Steam Masih Diblokir Kominfo, Pakar Keamanan Siber Jelaskan Cara Akses yang Aman

2. Surfshark

Security.org menilai Surfshark terbaik dalam hal keamanan. Aplikasi VPN ini menawarkan host dari protokol VPN, dari OpenVPN dan WireGuard hingga IKEv2 dan IPSec.

Pengguna VPN ini juga bisa mengakses server privat kantor melalui jaringan Wi-Fi publik secara aman. Selain itu, pengguna bisa mengakses Netflix dari luar negeri.



Sumber : Kompas TV, Security.org

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.