Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Gunakan PayPal, Platform yang Bakal Diblokir Kemenkominfo

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 13:24 WIB
kelebihan-dan-kekurangan-gunakan-paypal-platform-yang-bakal-diblokir-kemenkominfo
Logo PayPal terlihat berada di sebuah ponsel pintar. Ilustrasi diambil 8 September 2021. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan akses penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat yang belum mendaftar Sabtu (30/7/2022).

Satu dari delapan (Amazon.com, Paypal, Yahoo.com, Epic Games, Steam, Dota, CS dan Origin) pemutusan layanan yang banyak diprotes warganet yakni, platform PayPal. Pemblokiran PayPal tersebut dinilai merugikan bagi para pekerja freelance yang bekerja pada perusahaan luar dan mengandalkan PayPal sebagai pembayaran gaji mereka.

Lantas, apa sih kelebihan dan kekurangan dari sistem pembayaran digital yang banyak digunakan di beberapa negara di dunia ini. Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan PayPal seperti dilansir dari laman Lifepal.co.id:

Kelebihan PayPal

  • Kecepatan. Transfer menggunakan PayPal Indonesia ke sesama akun PayPal atau ke rekening pribadi bank di beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.
  • Biaya administrasi per transaksinya terhitung murah. Untuk pengiriman uang antar sesama akun PayPal tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Keamanan terjamin. Data-data dan informasi akun pembeli maupun penjual bakal dijamin.
  • Akun PayPal bisa digunakan untuk berbelanja di situs-situs e-Commerce di berbagai belahan dunia. Jadi lebih memudahkan berbelanja antar negara.
  • Membeli barang dengan aman. Jika Anda sudah melakukan pembayaran untuk produk yang dipesan, tapi pesanan tidak datang-datang, maka PayPal Indonesia bisa mengembalikkan uang yang telah Anda transferkan ke penjual.

Baca Juga: Diberi Kesempatan 5 Hari, Paypal yang Diblokir Kominfo Alat Bayar Virtual Didirkan Elon Musk

  • Bisa diakses hanya dengan ponsel pintar atau perangkat komputer.
  • Sering memberikan diskon-diskon menarik untuk setiap pembelanjaan di beberapa merek atau e-Commerce yang bekerja sama dengan PayPal, seperti Nike, HP, Wal-Mart, dan lain-lain.

Kekurangan PayPal

  • Rentan disalahgunakan. PayPal memungkinkan kamu bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat mudah. Keterbukaan inilah yang menyebabkannya jadi rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal lainnya.
  • Sulitnya melakukan komplain. Sayangnya, untuk PayPal Indonesia belum ada layanan aduannya. Kalau di situs yang tercantum adalah nomor PayPal di kantor Singapura.
  • PayPal belum melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti Rupee India.
  • Transaksi dari PayPal ke rekening non-PayPal bakal dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah 0,3 dollar AS.
  • Proses pembekuan yang berlangsung lama. Pembekuan akun dilakukan oleh PayPal apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan. Pembekuan itu kadang berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan. 

     

    Kemenkominfo sendiri membuka sementara blokir yang sebelumnya diberlakukan terhadap aplikasi keuangan Paypal.

    Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pengerapan, mengatakan pihaknya menerima masukan dari sejumlah masyarakat yang menyebut masih adanya dana mereka yang Paypal tertinggal di Paypal.

    Keluhan tersebut kemudian direspons dengan membuka sementara blokir terhadap Paypal, selama lima hari.

    Hal itu dilakukan agar masyarakat yang masih memiliki dana di Paypal bisa bermigrasi ke aplikai keuangan lain yang sudah terdaftar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x