Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Delegasi B20 Indonesia Jajaki Peluang Investasi dengan Pengusaha Jepang

Jumat, 29 Juli 2022 | 19:51 WIB
delegasi-b20-indonesia-jajaki-peluang-investasi-dengan-pengusaha-jepang
Delegasi B20 menggelar dua pertemuan bersama Forum Bisnis Indonesia-Jepang serta Japan External Trade Organization (JETRO), di Tokyo (27/7/2022). (Sumber: Kadin Indonesia )

Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV-Delegasi B20 Indonesia kembali mengadakan roadshow ke negara-negara G20.

Setelah sebelumnya melakukan roadshow dalam rangka sosialisasi Presidensi B20-G20 Indonesia di Eropa, Amerika Serikat (AS), Kanada dan Singapura, kali ini delegasi berkunjung ke Jepang.

Dalam lawatan yang berlangsung Kamis (28/7/2022) ini, delegasi B20 menggelar dua pertemuan penting, yaitu bersama Forum Bisnis Indonesia-Jepang serta Japan External Trade Organization (JETRO) yang membahas kemitraan ekonomi dan perdagangan serta menguatkan hubungan bilateral antara kedua negara.

Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani mengatakan, Jepang selama ini sangat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi indonesia, khususnya dalam pertumbuhan infrastruktur energi di Indonesia.

"Dalam kesempatan ini, kami menawarkan kesempatan kepada para pelaku bisnis Jepang, khususnya yang difasilitasi oleh JETRO, untuk berkolaborasi dan hadir dalam B20 Indonesia Summit yang akan diselenggarakan November 2022, di Bali," kata Shinta dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/7).

Shinta menyampaikan, kerja sama investasi Indonesia-Jepang dalam bidang energi dan lingkungan berpotensi terjalin lewat The Carbon Center of Excellence, yang menjadi hub untuk perdagangan karbon melalui pusat pengetahuan serta sharing best practices.

Baca Juga: Presiden Yoon Suk Yeol Minta Presiden Jokowi Perhatikan dan Dukung Pengusaha Korsel di Indonesia

Kedua, B20 Wiki, platform yang bertujuan untuk meningkatkan UMKM agar mampu melakukan penetrasi ke rantai pasokan global dan memungkinkan peningkatan kapasitas UMKM untuk masuk ke pasar global.

"Perdagangan dan investasi hanya dapat pulih sepenuhnya jika kita mendorong upaya pemulihan dan pertumbuhan secara kolaboratif. Sustainability menjadi isu penting yang didorong melalui B20 Indonesia," ujar Shinta.

"Salah satunya melalui Energy, Sustainability, and Climate Task Force yang kami yakin mampu mendorong peningkatan kerja sama global dalam mempercepat transisi energi dan memastikan penerapan transisi energi yang adil (just), teratur (orderly) dan terjangkau (affordable) antara negara berkembang dan maju," tambahnya.

Jepang merupakan salah satu mitra ekonomi terpenting bagi Indonesia. Tahun depan, kedua negara akan merayakan 65 tahun hubungan diplomatik mereka.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x