Kompas TV nasional kesehatan

20 Sampel Autopsi Brigadir J Masuk Pemeriksan Laboratorium RSCM, Begini Proses yang Dilakukan

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 15:08 WIB
20-sampel-autopsi-brigadir-j-masuk-pemeriksan-laboratorium-rscm-begini-proses-yang-dilakukan
Ketua Tim Forensik Brigadir J, dr Ade Firmansyah saat ditemui di RSCM Jakarta terkait tahapan penelitian sampel dari autopsi brigadir J, Kamis (28/7/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sampel autopsi Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J telah tiba di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Kamis (28/7/2022) petang kemarin.

Sampel hasil autopsi Brigadir J ini tiba di RSCM sekitar pukul 15.00 WIB dan dibawa langsung Ketua Tim Forensik Independen dr Ade Firmansyah.

Selanjutnya sampel diperiksa dan diteliti ahli di laboratorium patologi dan anatomi RSCM sebelum pemeriksaan lanjutan anggota tim forensik independen.

Baca Juga: Tim Forensik Ungkap Lama Pemeriksaan Sampel Autopsi Ulang Jasad Brigadir J

Ade menjelaskan ada 20 sampel yang diambil saat autopsi ulang jenazah Brigadir J. 

Jumlah sampel tersebut akan dipotong menjadi 40 hingga 50 bagian untuk diteliti di laboratorium patologi dan anatomi RSCM.

Menurut Ade, tim membutuhkan waktu dalam memeriksa sampel yang dibawa. Hal ini lantaran sampel post mortem memiliki keunikan dan konsistensi yang berbeda. 

"Ada yang keras ada yang lembek, dan beberapa bagian juga akan kami periksa mungkin tidak hanya sekali," ujar Ade saat ditemui jurnalis Kompas TV Fransisco Donasiano di RSCM, Kamis (28/7).

Baca Juga: Dua Hal yang Bisa Dipastikan Komnas HAM dari Kasus Brigadir J Sejauh Ini!

Lebih lanjut Ade menjelaskan ada beberapa tahapan dalam pemeriksan sampel ini. 

Pertama setelah sampel diterima para dokter spesialis patologi dan anatomi RSCM akan menilai konsistensi sampel apakah bisa diproses atau tidak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.