Kompas TV regional budaya

Bakau, Gagah Mengakar Menjaga Pesisir Pantai

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 13:36 WIB
bakau-gagah-mengakar-menjaga-pesisir-pantai
Hutan Bakau (Sumber: Freepik/bananabuch)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Desy Afrianti

Derai ombak membasahi pesisir, kicau burung camar menghiasi udara, dan tampak cakrawala luas nan jauh yang memanjakan mata. Itulah suasana saat kita mengunjungi pantai.

Tak hanya itu, di beberapa pantai Indonesia, kita bisa menemukan susana hijau nan segar dalam sekumpulan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar garis pantai. 

Loh, bagaimana bisa ada pepohonan hijau yang tumbuh diterjang pasang surut air laut serta hempasan gelombang?

Pepohonan tepi pantai yang ditinggali fauna unik seperti kepiting ungu dan ikan tembakul tersebut bernama hutan bakau atau mangrove. 

Siniar Dongeng Pilihan Orangtua episode “Dongeng Pahlawan Hutan Bakau” mengisahkan dua anak pemberani bernama Margo dan Danissa pergi menanam bibit pohon bakau bersama paman mereka. Ketika berjalan melintasi hutan bakau, mereka menemui penghuni-penghuninya yang hidup alami di sana.

Baca Juga: Taman Wisata Alam Rimba, Lokasi yang Cocok untuk Menikmati Keasrian Hutan Pinus

Ekosistem Bakau

Merangkum Mongabay Indonesia, hutan bakau tumbuh sepanjang pesisir pantai dan muara sungai. Bahkan, beberapa ekosistem hutan bakau ditemukan tumbuh di rawa gambut.

Hutan ini hidup di atas substrat yang merupakan campuran dari air laut dan tawar. Campuran keduanya dapat menghasilkan air yang dinamakan payau. Oleh karena itu, hutan bakau juga disebut sebagai hutan payau. 

Selain faktor air, sebagian besar jenis hutan bakau di Indonesia tumbuh di media tanah berlumpur. Masih dalam artikel yang sama, disebutkan bahwa jenis bakau Rhizopora mucronata dan Avicennia Marina merupakan contoh bakau yang cocok di media tanah tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x