Kompas TV regional berita daerah

Dukcapil Bone Bolango Terapkan Pelayanan Berbasis Daring

Kamis, 28 Juli 2022 | 10:57 WIB

Penulis : KompasTV Gorontalo

BONE BOLANGO, KOMPAS TV - Warga di Kabupaten Bone Bolengo kini dengan mudah bisa memperoleh ktp elektronik tanpa harus mandatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dinas Dukcapil setempat telah menyiapkan aplikasi digital Id kependudukan yang wajib di unduh terlebih dahulu melalui Ponsel Android.

Melalui aplikasi ini, warga kemudian memasukan data diri dan syarat syarat yang dibutuhkan dalam pengurusan ktp elektronik.

Setelah diverifikasi secara langsung ktp elektronik akan muncul dalam aplikasi tersebut. sementara  untuk mendapatkan fisik KTP elektronik warga tinggal menunjukan KTP elektronik yang muncul dalam aplikasi ke petugas dukcapil untuk dicetak .

Pembuatan KTP elektronik seperti ini baru sebatas uji coba, dengan harapan kedepan warga bisa mengurus KTP elektronik dengan mudah dan lebih cepat.

Pengurusan KTP secara daring ini hanya bisa dilakukan oleh warga yang memiliki ponsel adroid, dan satu ponsel hanya bisa digunakan untuk satu orang.

Warga yang belum memiliki phonesel,  bisa melakukan pengurusan KTP seperti biasa dengan mendatangi kantor Dukcapil atau Kantor Kecamatan terdekat.

Dalam aplikasi digital Id kependudukan, warga juga bisa melihat data pribadi sebagaimana yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

 

#ktp

#dukcapil

#daring


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi Merauke

Rabu, 30 November 2022 | 07:41 WIB
Close Ads x