Kompas TV nasional hukum

Periksa Ajudan Ferdy Sambo, Komnas HAM Dalami Spektrum sebelum Hari H: Saling Ngomong dan Tertawa

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 20:11 WIB
periksa-ajudan-ferdy-sambo-komnas-ham-dalami-spektrum-sebelum-hari-h-saling-ngomong-dan-tertawa
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah memeriksa enam ajudan atau aide de camp (ADC) Irjen Pol Ferdy Sambo, pada hari ini, Selasa (26/7/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah memeriksa enam ajudan atau aide de camp (ADC) Irjen Pol Ferdy Sambo, pada hari ini, Selasa (26/7/2022).

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan, dalam pemeriksaan itu pihaknya mendalami spektrum sebelum hari H penembakan.

“Sebelum Jumat itu, kami tarik ke belakang, kami tanya semua apa yang terjadi, bagaimana peristiwanya, bahkan kondisinya kayak apa,” kata Choirul dalam konferensi pers usai pemeriksaan, yang disiarkan langsung oleh Kompas TV.

“Misalnya begini, ini kondisinya bercanda, tertawa, atau tegang. Beberapa orang yang ikut dalam forum itu ngomongnya memang tertawa-tertawa,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan itu, Komnas HAM juga menarik spektrum waktu yang lebih luas. Misalnya saat di Magelang melakukan apa saja, mengenakan baju apa, dan sebagainya.

“Termasuk juga spektrum waktu, kapan berangkat dari Magelang sampai kapan sampai di Jakarta,” katanya.

“Di Jakarta ngapain saja, pakaiannya apa, kami tanya secara detail dan lengkap. Dan masing-masing orang memiliki jawaban sendiri-sendiri,” tuturnya.

Pihaknya juga menanyakan mengenai hubungan antara ADC satu dengan yang lain, hubungan antara Ferdy Sambo dengan ADC, hubungan istri Ferdy Sambo dengan semua ADC, termasuk karakter masing-masing ADC.

Para ADC  tersebut mendapatkan pertanyaan yang sama, meski ada sejumlah pertanyaan yang berbeda.

“Pertanyaan yang sama ini untuk melihat sebenarnya, apa sebenarnya yang terjadi, background apa yang terjadi di sequence itu,” katanya.

Baca Juga: Besok Komnas HAM Periksa CCTV dan Ponsel, Hari Ini Bharada E Jelaskan Banyak Hal




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x