Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Vaksin Covid-19 Meningkatkan HIV - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 19:24 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar narasi yang menyatakan bahwa vaksin covid-19 meningkatkan Human Immuni Deficiency Virus atau HIV, sedangkan vaksin cacar memicu acquired imune deficiency syndrome atau AIDS. Penggugah menyatakan tangkapan layar pemberitaan beberapa media seperti the times dan new york post mengenai penyakit cacar dan kaitannya dengan AIDS.

AIDS merupakan kondisi di mana rusaknya kekebalan tubuh akibat terjangkit HIV/AIDS terjadi ketika seseorang sudah mengalami tahap infeksi HIV yang parah. Salah satu istilah yang digunakan para penebar teori konspirasi untuk mengaitkan vaksin dan AIDS yaitu AIDS. Namun hal itu pernah dibantah oleh Epidemiolog Indonesia untuk Griffith University Autralia Dicky Budiman.

Dicky menyatakan HIV ditularkan melalui darah, air mani, atau cairan saat berhubungan seksual dan air susu ibu yang terinfeksi. Sementara tidak ada kandungan dalam vaksin covid-19 yang dapat menyebabkan AIDS.

Perihal vaksin cacar yang menyebabkan AIDS juga tidak ditemukan kebenaran mengenai narasi tersebut, perlu diketahui kasus AIDS pertama kali terdeteksi di amerika serikat pada tahun 1981.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x