Kompas TV regional kriminal

Kapolda Papua: Perlu Penyatuan Persepsi untuk Tangani KKB, Ini 7 Kabupaten yang Punya Basis

Selasa, 26 Juli 2022 | 15:32 WIB
kapolda-papua-perlu-penyatuan-persepsi-untuk-tangani-kkb-ini-7-kabupaten-yang-punya-basis
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri (Sumber: Kompastv/Ant)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Perlu adanya penyatuan persepsi dari berbagai pihak untuk menangani kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Mengutip keterangan tertulis Polri, Selasa (26/7/2022), Mathius mengatakan hal itu setelah melakukan rapat koordinasi dengan TNI dan BIN guna penanganan terhadap KKB yang selama ini sangat meresahkan.

“Kami sudah lakukan rapat koordinasi dengan TNI dan BIN, tujuannya untuk menyatukan persepsi penanganan KKB,” tuturnya, Senin (25/07/22).

Baca Juga: Keluarga Korban Kkb Papua Gelar Ibadah Pemakaman Virtual

Ia menjelaskan, jajaran kepolisian akan melakukan pertemuan dengan pimpin daerah yang wilayahnya memiliki basis KKB.

“Kami sampaikan tujuannya untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa negara hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan dan rasa aman,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya kelompok kriminal bersenjata pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga telah membantai 11 orang warga sipil beberapa waktu lalu.

Berselang beberapa hari kemudian, seorang pendulang emas di Kabupaten Pegunungan Bintang tewas secara mengenaskan usai kepalanya dipenggal oleh KKB.

Baca Juga: Aksi KKB di Kenyam, Panglima TNI: Bukan soal Mau Serbu atau Tidak, tetapi Harus Akurat Melumpuhkan


Sebelumnya juga, Kepolisian Daerah Papua telah memetakan 7 kabupaten yang memiliki basis KKB.

Ketujuh daerah tersebut antara lain Kabupaten Nduga, Intan Jaya, Puncak Jaya, Puncak, Yahukimo, Timika dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Untuk penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, Polri telah membentuk Satuan Tugas Khusus yakni Satgas Damai Cartenz di bawah naungan Polda Papua.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x