Kompas TV olahraga kompas sport

Pertama Kalinya, PBSI akan Gelar Piala Presiden pada Bulan Agustus

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 20:46 WIB
pertama-kalinya-pbsi-akan-gelar-piala-presiden-pada-bulan-agustus
Logo PBSI. (Sumber: KOMPAS.TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan menggelar turnamen Piala Presiden pada Agustus mendatang dengan total hadiah Rp1 miliar. 

Piala Presiden 2022 menjadi kejuaraan bersejarah bagi PBSI dan bulu tangkis Indonesia. Sebab, sejak didirikan pada 1951, baru tahun ini PBSI menyelenggarakan kejuaraan Piala Presiden.

"Ini merupakan sebuah sejarah baru di Indonesia, di mana digelar sebuah kejuaraan bulu tangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia," kata Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna dikutip dari Kompas.com Senin (25/7) sore.

Baca Juga: Juarai Malaysia Open 2022, Apriyani: Kemenangan Ini untuk PBSI, Kak Greysia dan Pelatih

"Upaya PP PBSI yang memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud," ujar Agung menambahkan.

Ia menjelaskan Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 bakal digelar di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, pada 1-6 Agustus mendatang.

Kemudian turnamen itu akan mempertandingkan 11 nomor yaitu tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak U-13, tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja U-17.

Para peserta akan berlaga dengan membela provinsinya masing-masing. Selain itu, daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Baca Juga: Indonesia Open Tanpa Gelar, Kabid Binpres PBSI: Indonesia Kalah Fisik dan Teknik dari Negara Lain

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi. Juga kepada PT Adaro Energy Indonesia Tbk sebagai sponsor tunggal Piala Presiden 2022. Juga kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kejuaraan ini," kata Agung Firman Sampurna.

Pendaftaran peserta Piala Presiden 2022 sendiri sudah ditutup pada 19 Juli lalu dengan total jumlah peserta Piala Presiden kali ini adalah 620 atlet yang berasal dari 30 provinsi di seluruh Indonesia.

Tercatat Provinsi yang tidak mengirimkan atletnya adalah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

"GOR Nanggala akan kami sulap menjadi arena pertandingan bulu tangkis dengan total enam lapangan," kata Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden, Armand Dharmadji.

"Kami juga akan membuka tenant-tenant UMKM di pelataran parkir GOR Nanggala sebagai bentuk dukungan ekonomi kerakyatan," imbuh Armand.

"Kami juga mewajibkan vaksin booster atau minimal vaksin kedua (untuk usia tertentu) kepada semua pihak yang terlibat di Piala Presiden 2022, termasuk media. Sementara bagi masyarakat yang akan menonton langsung bisa datang ke arena secara gratis," kata Armand mengakhiri. 

Baca Juga: Alasan PBSI Tarik Mundur 12 Wakil Indonesia dari Taipei Open 2022



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x