Kompas TV nasional peristiwa

Apresiasi Citayam Fashion Week, Wagub DKI: Ini Menembus Kelaziman

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 14:02 WIB
apresiasi-citayam-fashion-week-wagub-dki-ini-menembus-kelaziman
Kerumunan orang yang ingin menyaksikan fenomena Citayam Fashion Week (CFW) di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022). (Sumber: ANTARA/Ilham Kausar)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi fenomena Citayam Fashion Week (CFW) di kawasan Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat. 

Menurut Riza, fenomena tersebut menembus kelaziman daripada sebuah fashion show atau gelaran unjuk busana pada biasanya. 

"Biasanya fashion week itu dilaksanakan orang dewasa, ini menembus kelaziman, ini dilaksanakan anak-anak, bahkan pelajar SMP, SMA/SMK," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/7/22). 

Baca Juga: Usulan Lokasi Alternatif Citayam Fashion Week, dari Sarinah hingga Monas

Kedua, lanjut dia, biasanya gelaran busana seperti fashion show itu biasanya dilakukan oleh kelompok masyarakat kelas ekonomi menengah ke atas, namun, adanya CFW menunjukkan bahwa fenomena ini bisa berubah. 

"Sekarang fenomena ini bisa berubah, bisa dikerjakan oleh siapa aja, kalau masyarakat umum, masyarakat sederhana bisa punya kreativitas, itu sesuatu yang positif," ujarnya. 


 

Ketiga, ujar Riza, biasanya acara fashion show digelar ditempat mewah dan di dalam ruangan.

Namun, CFW justru kebalikannya, CFW dilaksanakan outdoor lebih tepatnya di zebra cross atau penyeberangan jalan dan dapat ditonton siapa saja secara gratis. 

"Biasanya orang nonton fashion terbatas, hanya undangan, hanya kalangan tertentu, ini sekarang siapa saja bisa nonton," kata Riza. 

Baca Juga: Pernyataan Menohok Ridwan Kamil ke Baim Wong: Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week di Kemenkumham

Menurut Riza, zaman sudah berubah. Apalagi, tambahnya, saat ini justru masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke atas yang ikut meramaikan gelaran tersebut termasuk para artis yang juga ikut unjuk busana di kawasan Sudirman. 

"Sekarang bukan cuma teman SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok), tapi semua sekarang di situ, bukan cuma masyarakat sederhana, sekarang kelas elit malah ikut di situ, bahkan artis ikut di situ, ini sesuatu yang luar biasa," kata Riza.

Namun, akibat animo masyarakat yang begitu tinggi, keramaian di lokasi CFW tersebut membludak dan menyebabkan gangguan ketertiban umum. 

Oleh sebab itu, ada sejumlah usulan lokasi alternatif digelarnya CFW yakni Sarinah, Monas, Taman Lapangan Banteng, Taman Ismail Marzuki, hingga Kota Tua. 

Baca Juga: Baim Wong Daftarkan Merek Citayam Fashion Week, Wagub DKI: Silakan Saja Cuma Itu Milik Publik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x