Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil F1 GP Prancis: Verstappen Finis Pertama, Hamilton Kedua

Kompas.tv - 24 Juli 2022, 22:32 WIB
hasil-f1-gp-prancis-verstappen-finis-pertama-hamilton-kedua
Pembalap Red Bull Max Verstappen berhasil menjadi yang tercepat di balapan F1 GP Prancis, Minggu (24/7/2022). (Sumber: Twitter @F1)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Max Verstappen berhasil menjadi juara balapan Formula One (F1) GP Prancis, Minggu (24/7/2022). 

Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Paul Ricard itu, posisi kedua berhasil dimenangkan oleh Lewis Hamilton sementara podium terakhir menjadi milik rekan setimnya di Mercedes, George Russell. 

Saat balapan dimulai, Charles Leclerc yang menjadi pole position melakukan start impresif. 

Pembalap Ferrari itu mampu memimpin balapan, diikuti oleh Max Verstappen di posisi kedua.

Lewis Hamilton (Mercedes) yang start dari grid keempat berhasil naik ke urutan ketiga usai menyalip Sergio Perez.

Pada lap awal balapan, Leclerc terlibat duel sengit dengan Verstappen. Pembalap asal Belanda itu terus membayangi Leclerc hingga balapan F1 GP Perancis 2022 memasuki lap kelima.

Pada lap keenam, Verstappen coba mendahului Leclerc saat memasuki tikungan meski akhirnya belum mampu. 

Leclerc lantas terus bisa menjaga jarak di depan Verstappen, sementara di belakang keduanya, Hamilton juga terlibat duel sengit dengan Perez untuk memperebutkan posisi ketiga.

Baca Juga: Mobilnya Terbakar saat GP Austria, Carlos Sainz Serukan Respons Kebakaran F1 yang Lebih Cepat

Pada lap 18, petaka menghampiri Charles Leclerc saat ia gagal menguasai mobilnya saat masuk tikungan 11, lalu menabrak pembatas.

Setelah Leclerc mengalami crash, safety car masuk ke trek. Usai safety car keluar dan balapan dilanjutkan, Verstappen berhasil merebut posisi terdepan, diikuti oleh Hamilton.

Memasuki lap ke-35, Verstappen makin nyaman di posisi terdepan dengan memperlebar jarak dari Lewis Hamilton mencapai 6 detik. 

Pada saat Verstappen nyaman memimpin lomba, Sergio Perez berduel sengit dengan Carlos Sainz (Ferrari) untuk memperebutkan posisi ketiga.

Sainz mampu menyalip Perez pada lap ke-42. Namun, Sainz kemudian masuk pit dan keluar untuk menempati posisi kesembilan.

Di sisa lap, tak ada yang bisa menghalangi pemimpinnya klasemen sementara pembalap itu untuk jadi yang tercepat di F1 GP Prancis. 

Baca Juga: Mantan Direktur Balap F1 Kontroversial, Michael Masi, Tinggalkan FIA

Posisi kedua juga akhirnya menjadi milik Hamilton. Hasil runner up ini menjadi raihan yang terbaik diraih oleh pembalap asal Inggris itu di F1 musim ini. 

Melengkapi podium, Russell yang berhasil memenangkan duel dengan Perez akhirnya berhak untuk merebut tempat ketiga di F1 GP Prancis 2022.

Hasil FI GP Prancis 2022

Baca Juga: Leclerc, Verstappen, dan Hamilton Kena Denda 10.000 Euro gegara Langgar Aturan F1



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x