Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI: Perhimpunan Forensik Pilih Langsung Dokter RSPAD untuk Autopsi Ulang Brigadir J

Kompas.tv - 24 Juli 2022, 22:50 WIB
panglima-tni-perhimpunan-forensik-pilih-langsung-dokter-rspad-untuk-autopsi-ulang-brigadir-j
Tangkapan layar Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memberi arahan kepada jajarannya saat membahas rekrutmen perwira karier TNI 2022 di Markas Besar TNI, Jakarta, sebagaimana disiarkan kanal Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa, Rabu (9/3/2022). (Sumber: ANTARA/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan pihaknya siap membantu autopsi ulang jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Jenazah Brigadir J rencananya akan dilakukan autopsi ulang pada Rabu 27 Juli 2022 mendatang. Andika Perkasa mengatakan salah satu dokter forensik TNI dipilih langsung oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI).

"Dokter spesialis itu ada perhimpunannya dan ini sudah memilih salah satunya adalah dokter TNI," jelasnya kepada Jurnalis Kompas TV Isye Naisila, Minggu (24/7/2022).

Andika memberikan pesan kepada dokter dari RSPAD yakni Dokter F tersebut untuk menjaga kredibilitas dan integritas dalam pelaksanaan tugasnya.

Baca Juga: Jenderal Andika Akan Kirim Dokter Forensik Terbaik Autopsi Brigadir Yoshua


"Saya ingin memastikan Anda akan terlibat dalam satu tim di bawah kepemimpinan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia dan saya akan menitipkan pesan bahwa jaga kredibilitas kita, jaga integritas kita," tuturnya.

"Intinya keilmuan dan objektivitas itu harus prioritas kita,” tutur Andika kepada Dokter F.

Eks Kepala Staf TNI Angkatan Darat tersebut juga menuturkan pihaknya siap memberikan bantuan tambahan jika memang diperlukan.

"Yang jelas kami siap, kerena kami memang punya sumber daya manusianya. Kami juga punya RS-nya seandainya diperlukan," ucapnya.

"Satu saja yang diambil kami siap, mau tambahannya pun ada. Intinya kami tidak mengarahkan, pilih-pilih enggak," imbuhnya.

Baca Juga: Dokter Forensik dari RSPAD Dipastikan Ikut Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Diberitakan pihak kepolisian telah menyetujui untuk melakukan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J.

Proses autopsi ulang tersebut direncanakan akan dilakukan pada Rabu (27/7) di Jambi.

Kuasa Hukum keluarga Brigadir J sebelumnya menuturkan autopsi ini melibatkan tim indipenden, yakni melibatkan tim dokter forensik dari RSPAD, RSAL, RSAU, dan RSCM, serta satu RS swasta nasional.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x