Kompas TV nasional rumah pemilu

Sekjen PDIP Bocorkan Nama Capres Pilihan Megawati, Ada Nama Puan dan Ganjar

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 20:17 WIB
sekjen-pdip-bocorkan-nama-capres-pilihan-megawati-ada-nama-puan-dan-ganjar
Kolase foto Ganjar Pranowo diapit Puan Maharani dan Tri Rismaharini. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membocorkan nama capres yang sedang dikaji oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk diusung pada gelaran Pilpres 2024 mendatang.  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membocorkan nama capres yang sedang dikaji oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk diusung pada gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Di antaranya ada nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani; Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

"Mbak Puan juga seperti itu, beliau dipersiapkan, Mas Prananda ideologi dipersiapkan, Bu Risma dipersiapkan, Pak Ganjar dipersiapkan sehingga PDI perjuangan itu begitu kaya dengan pemimpin-pemimpin muda yang semuanya berdisiplin pada arahan Ibu Mega," kata Hasto seperti dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (22/7/2022). 

Baca Juga: Cerita Hasto soal PDIP Tegur Kepala Daerah yang Sering Melancong ke Jakarta

Menurut dia, rekam jejak mereka itu tentunya publik sudah mengetahui kalau kinerjanya selama ini amat baik dan bisa dipertanggungjawabkan. 

"Jadi misalnya ada yang mengusulkan, wah ini dari PDIP, prestasinya jelas, kinerjanya jelas, bisa dipertanggungjawabkan, rekam jelas, bebet, bobot, bebernya, tetapi meskipun demikian skala prioritas bagi PDIP saat ini adalah bergerak ke bawah. Karena dunai menghadapi krisis," ujarnya. 

Hasto mengaku heran ihwal dinamika politik belakangan ini yang terkesan terburu-buru untuk berbicara terkait capres-cawapres. 

Menurut Hasto, saat ini terkesan ada kekuatan yang ingin mendorong agar setiap hari berbicara capres, berbicara tentang kerjasama antar partai politik.

Padahal, ungkap dia, seharusnya sebelum berbicara soal penjodohan capres-cawapres harus mengetahui soal rekam jejak prestasi sosok tersebut.

"Lalu, ada menjodoh-jodohkan (capres-cawapres). Kami bertanya ketika mereka yang menjodohkan itu harusnya juga memahami apa prestasinya," kata Hasto.

Ia menjelaskan, membicarakan seorang capres-cawapres itu harus melalui sebuah pembicaraan yang panjang dan kajian matang.


Sebab, dirinya berharap pemimpin yang baru nanti bisa mencontoh kepemimpinan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul di Jateng dan Jatim, PDIP: Tak Lepas dari Latar Belakang Partai

"Ibu Mega legasinya jelas sebagai pemimpin yang berani membela kedaulatan bangsa lain ketika Amerika Serikat melakukan aksi bilateral terhadap Irak. Banyak pemimpin yang diam, tapi Bu Mega berani mengatakan membela Irak. Karena Irak adalah bangsa yang merdeka," kata Hasto.

Selain itu, Megawati juga berhasil menghasilkan Pemilu 2004 yang sangat demokratis. Sebab, tidak ada penggunaan instrumen hukum untuk meningkatkan elektoral suatu partai.



Sumber : Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.