Kompas TV nasional peristiwa

Penembakan Brigadir J, Kompolnas: Status Sudah Penyidikan, Selanjutnya Penetapan Tersangka

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 19:29 WIB
penembakan-brigadir-j-kompolnas-status-sudah-penyidikan-selanjutnya-penetapan-tersangka
Sejumlah polisi berjaga di sekitar rumah orang tua Brigadir J, saat rombongan dari Mabes Polri memberikan penjelasan terkait kronologi penembakan terhadap Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, Senin (11/7/2022) malam. (Sumber: Dok Kapolres Muarojambi, AKBP Yuyan Priatmaja)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak kepolisian telah menaikkan status kasus penembakan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua dari penyelidikan dan penyidikan. Tahap selanjutnya adalah penetapan tersangka penembakan.

"Tahap selanjutnya adalah penetapan tersangka," kata Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto dalam perbincangan dengan Kompas TV di Program Kompas Petang, Jumat (22/7/2022).

Setelah itu, kata Benny, pihak penyidik juga akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, serta pemeriksaan terhadap alat-alat bukti yang telah disita.

Benny meyakini, alat bukti yang telah dikantongi penyidik telah mencukupi keyakinan polisi untuk menaikkan status dari penyelidikan ke penyidikan. Salah satunya adalah CCTV di lokasi kejadian.

Baca Juga: Penjelasan Polri Kasus Dugaan Pembunuhan Berencana Brigadir J Naik ke Penyidikan

"Tiga data laporan kebetulan saling berkaitan di TKP-nya, maka semua pihak akan menunggu hasil pemeriksaan CCTV yang mungkin bisa mengetahui semua pergerakkan, termasuk alibi-alibi dari yang bersangkutan," lanjutnya.

Namun begitu, Benny menegaskan, CCTV bukanlah satu-satunya komponen untuk mencari kebenaran dari kasus ini. Masih terdapat beberapa komponen lainya, yaitu hasil olah TKP, proyektil. Semua itu akan disatukan sebagai alat pembuktian.

"Jadi semua akan dibuka termasuk CCTV yang diceritakan sudah rusak, nanti di situ akan jelas rusaknya kapan dan lainnya lagi untuk mengungkapkan kebenaran. Semua data CCTV akan diruntut dengan sangat detail," jelas Benny.


Baca Juga: Polri Ingin Autopsi Ulang Brigadir J Secepatnya, Ini Alasannya!

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut, lokasi CCTV akan mengungkap penyebab kematian Brigadir J.

Lokasi CCTV yang dimaksud yakni, di sepanjang jalan sekitar lokasi peristiwa, dan CCTV di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Rekaman CCTV di dua lokasi ini bisa mengungkap secara jelas tentang konstruksi perkara.

Kedua CCTV ini, menurut Dedi, kini telah dikantongi penyidik. "Ada, tapi saat ini (CCTV) masih di labfor," ujarnya, Kamis (22/7/2022).

Temuan bukti CCTV itu nantinya akan dibuka ke publik apabila seluruh rangkaian proses penyidikan yang dilakukan timsus telah selesai.

“Jadi, tidak sepotong-potong, termasuk akan disampaikan secara komprehensif apa yang telah dicapai timsus yang dibentuk Bapak Kapolri,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.