Kompas TV nasional peristiwa

Kompolnas saat Polri Diragukan Tangani Kasus Brigadir J: 3 Kali Presiden Bicara, Ini Bukan Main-main

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 11:40 WIB
kompolnas-saat-polri-diragukan-tangani-kasus-brigadir-j-3-kali-presiden-bicara-ini-bukan-main-main
Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Kompolnas meyakini Polri dapat bekerja secara profesional untuk menyelesaikan kasus tewasnya Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J meskipun publik meragukannya. (Sumber: Instagram)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meyakini Polri dapat bekerja secara profesional untuk menyelesaikan kasus tewasnya Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J meskipun publik meragukannya.

Apalagi, Presiden Joko Widodo sudah tiga kali menyatakan dengan tegas kepada Polri untuk membuka kasus ini apa adanya dan tidak boleh ada yang ditutup-tutupi.

“Sudah tiga kali ini Pak Presiden bicara mengenai hal ini. Jadi saya kira ini bukan main-main lagi. Kita harus jaga, jangan sampai institusi sini nanti yang hancur. Ini persoalan personel orang per orang jangan dibawa ke institusi. Berbahaya ini,” kata anggota Kompolnas Albertus Wahyurudhanto dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Jumat (22/7/2022).


Baca Juga: Ini Perintah Tegas Jokowi ke Polri soal Kasus Tewasnya Brigadir J: Buka Apa Adanya, Jangan Ditutupi

Di samping itu, kata Wahyu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selalu membuka akses bagi Kompolnas untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap kasus ini.

“Justru kali ini kami support langsung. Bapak Kapolri langsung berikan support apapun yang dibutuhkan Kompolnas sampai data-data detail, sampai mau melihat mengikuti proses penyidikan, kita boleh ikut. Kemudian kita gelar perkara dilibatkan, diskusi-diskusi dilibatkan,” ujar Wahyu.

“Termasuk pencopotan, pencopotan ini kan kewenangan Bapak Kapolri tetapi dalam proses diskusi, proses bagaimana perkembangan. kita dilibatkan."

"Artinya, ini bagi Kompolnas ini suatu kemajuan juga untuk Polri. Keberanian Pak Kapolri untuk membuka kasus ini dengan melibatkan eksternal, ini nggak main-main. Kalau selama ini masih bisa umpet-umpetan, sekarang kalau umpet-umpetan pasti akan ketahuan.”

Baca Juga: Kuasa Hukum Sebut Siasat Beri Formalin, Terbongkar Kondisi Brigadir J Ada Luka di Kaki hingga Kepala

Ditambah lagi, sambung Wahyu, kasus ini juga ditangani langsung oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang sekaligus penjabat sementara Kadiv Propam Polri.

“Apalagi sekarang untuk sementara sebagai pejabat Kadiv Propam adalah Wakapolri dengan level bintang 3, akan memberikan pengaruh terhadap bagaimana suasana, bagaimana pelaksanaan dalam nanti penyidikan,” ungkapnya.

“Jadi saya kira tidak ada problem mengenai hal ini dan posisi Kompolnas akan selalu mengawal terus. Kami akan melihat banyak hal yang di luar, ada soal kejanggalan, ada soal macam-macam. Kami melakukan verifikasi langsung dan dengan adanya akses yang terbuka ini, tiap hari bisa secara intens melakukan diskusi, komunikasi.”

Baca Juga: Kompolnas Cek TKP Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo, Temukan Bekas Tembakan dan Darah yang Dibersihkan

Wahyu menambahkan, bentuk pengawasan ketat Kompolnas terhadap Polri juga direspons baik oleh Kapolri khususnya perihal autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J.

Padahal sebelumnya, kata Wahyu, autopsi ulang terhadap Brigadir J tidak akan dilakukan.

“Terakhir soal autopsi itu juga kan dorongan dari kami. Dari luar mendesak seperti itu, mendesak, kami mendorong dengan pertimbangan. Akhirnya yang tadinya tidak akan dilakukan, disetujui oleh Bapak Kapolri,” jelas Wahyu.

“Jadi tugas kami selain mengawal juga memberikan dorongan untuk upaya menjadikan kasus ini terang benderang.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x