Kompas TV regional budaya

Kisah Kolektor Uang Kuno, Miliki 223 Jenis Uang Kertas & Koin

Kompas.tv - 21 Juli 2022, 12:29 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

MADIUN, KOMPAS.TV - Sejak duduk dibangku SMA pada tahun 1987 lalu, Roedy Santoso sudah mulai menaruh cinta terhadap uang rupiah. Saat itu sang ayah memberi Roedy uang senilai 25 rupiah, bergambar presiden Soekarno. Karena tertarik dan kagum terhadap sosok Soekarno, lantas Roedy menyimpan uang pemberian ayahnya itu.

Berawal dari situlah warga dusun desa Purwosari, kecamatan Wonoasri, kabupaten Madiun, yang juga seorang pegawai Puskesmas Mejayan ini, akhirnya berniat koleksi uang dari setiap generasi. Dirinya juga berburu uang kuno yang dianggap unik dan memiliki nilai historis dari berbagai tempat.

Hingga kini setidaknya sekitar 223 jenis uang telah dia koleksi dirumahnya. Dari 223 jenis tersebut, 150 diantaranya merupakan pecahan kertas dan 83 jenis lainnya merupakan pecahan logam. Koleksinya terdapat pecahan uang paling tua yakni uang koin tahun 1790 dan uang kertas cetakan tahun 1929.

Selain uang kuno, Roedy kini juga mulai mengkoleksi uang pecahan terbaru, yang memiliki nomor seri unik. Baginya selain sebagai alat transaksi pembayaran yang sah, uang juga memiliki nilai kecintaan kepada pahlawan dan tanah air.

#madiun #kolektor #uangkuno #uang #soekarno #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x