Kompas TV nasional politik

PAN Tunjuk Sosok Ini Gantikan Yandri Susanto Sebagai Ketua Komisi VIII DPR

Rabu, 20 Juli 2022 | 17:39 WIB
pan-tunjuk-sosok-ini-gantikan-yandri-susanto-sebagai-ketua-komisi-viii-dpr

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

 

Anggota DPR RI Fraksi PAN Ashabul Kahfi. (Sumber: dpr.go.id)

JAKARTA, KOMPAS TV - Fraksi PAN DPR RI menetapkan Ashabul Kahfi sebagai Ketua Komisi VIII mengganti Yandri Susanto yang kini menjabat sebagai wakil ketua MPR RI. 

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyebut, Ashabul Kahfi adalah salah seorang politikus senior PAN. Sebelum menjadi anggota DPR RI, dia sudah pernah 3 periode menjadi pimpinan DPRD di Sulawesi Selatan. 

"Kalau pengalaman mengurus partai, ya sudah sangat cukup. Meski tegas dan sigap, beliau ini orangnya sabar. Enak diajak bicara dan diskusi," kata Saleh dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022). 

Baca Juga: PAN Pilih Yandri Susanto Gantikan Zulhas sebagai Wakil Ketua MPR

Selain itu, Kahfi dikenal sebagai aktivis sejak masih mahasiswa. Dia adalah kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Pengalamannya sebagai pengurus organisasi masyarakat tentu tidak diragukan lagi.

"Pak Kahfi itu adalah kader Muhammadiyah. Almarhum ayahnya adalah Kiyai Muhammadiyah yang sangat disegani. Kalau di Sulsel, insya Allah sudah sangat terkenal," ujarnya.

Anggota Komisi IX DPR itu menyebut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pun sudah menyetujui penunjukkan Kahfi tersebut.

"Selain karena dari unsur Muhammadiyah, juga mengakomodir kader dari Indonesia Timur. Jadi, semua dapat. Termasuk pemerataan dan distribusi kader di AKD DPR RI," ujarnya.

Keputusan tersebut sudah dikonsultasikan dengan DPP. Dalam hal ini, fraksi PAN telah diberi restu untuk melakukan pergantian pimpinan Komisi VIII.

"Insya Allah, akan dilantik begitu masa sidang nanti dibuka. Ini kan masih reses. Selain menunggu timwas haji komisi VIII yang sedang bertugas di Saudi, juga menunggu masa sidang lagi. Diharapkan, komisi VIII akan semakin baik dalam mengawal kegiatan dan program pemerintah," kata dia.

Yandri Susanto sejak akhir Juni lalu duduk sebagai Wakil Ketua MPR, menggantikan Zulkifli Hasan yang ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan.  
 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x