Kompas TV nasional hukum

Sidang Pembacaan Tuntutan Julianto Eka Putra Batal Digelar, JPU Minta Tunda Buat Sempurnakan Materi

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 14:12 WIB
sidang-pembacaan-tuntutan-julianto-eka-putra-batal-digelar-jpu-minta-tunda-buat-sempurnakan-materi
Terdakwa kasus kekerasan seksual sekolah SPI Kota Batu, Julianto Eka Putra (tengah). (Sumber: Kompas.com/Dok. Kejati Jatim)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

MALANG, KOMPAS.TV - Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa pencabulan, Julianto Eka Putra batal digelar.

Hal ini lantaran Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Batu, Malang, Jawa Timur ingin menyempurnakan materi tuntutan.

Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Malang (PN Malang) itu hanya berjalan sekitar 15 menit. Tak lama setelah persidangan dibuka sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (20/7/2022), JPU keluar dari ruang sidang.

Baca Juga: Sidang Tuntutan Kekerasan Seksual SPI, Pengunjuk Rasa Minta Terdakwa Julianto Dituntut Maksimal!

Kasi Intel Kejari Kota Batu sekaligus JPU Edi Sutomo menjelaskan pihaknya meminta majelis hakim untuk menunda pembacaan tuntutan.

Jaksa masih membutuhkan waktu untuk mengecek dan menyempurnakan materi tuntutan. 

Majelis Hakim yang diketuai Hakim Djuanto menutup sidang sembari mengagendakan sidang lanjutan pada Rabu (27/7).

"Jadi masih ada keperluan tambahan untuk memasukkan alasan yuridis supaya lebih meyakinkan majelis hakim, sehingga kita putuskan pembacaan tuntutan ditunda," ujar Edi di PN Malang, Rabu (20/7), diikutip TribunJatim.com.

Baca Juga: Imbas Kasus Julianto Eka Putra, Polisi Geledah Sekolah SPI: Ada Enam Orang Korban

Adapun dalam sidang pembacaan tuntutan ini terdakwa Julianto Eka Putra dihadirkan secara daring dari Lapas Lowokwaru, kelas IA Malang.

Sebelumnya terdakwa dihadirkan di persidangan. Lantaran surat penahanan terdakwa sudah keluar, maka sidang dilakuakan secara daring. 

Edi menjelaskan persidangan yang berlangsung secara daring ini sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik.



Sumber : TribunJatim.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.