Kompas TV regional gaya hidup

Cara Kenalkan Hal-hal Baru pada Anak dengan Tepat

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 14:13 WIB
cara-kenalkan-hal-hal-baru-pada-anak-dengan-tepat
(Sumber: Freepik/pressfoto)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Desy Afrianti

Masa kanak-kanak adalah waktu untuk anak bereksplorasi. Menurut Scholastic, anak akan sering bereksplorasi pada rentang usia 5–7 tahun. Biasanya, mereka akan banyak menanyakan hal-hal kecil yang ada di sekitar. Maka dari itu, diperlukan tanggapan yang bijak dari orangtua untuk menjawabnya.

Namun, hal itu tidaklah mudah karena di sisi lain, para orangtua juga harus mengerjakan tugas-tugas lainnya, seperti pekerjaan kantor atau rumah. Maka dari itu, orangtua perlu memberikan pengajaran dengan kreatif dan efisien.

Amy Asriv, seorang Momfluencer, dalam siniar Obrolan Meja Makan bertajuk "Mengenalkan Aktivitas Baru pada Anak" pun mengungkapkan bahwa hal tersebut bisa diatasi dengan menanggapi pertanyaan-pertanyaan kecilnya.

Selain itu, saat sedang senggang, ajaklah anak untuk mengeksplor lingkungan sekitar lebih banyak. Apalagi, kalau mereka mendengar atau melihat sesuatu yang belum pernah ditemui di sekolah. 


 

"Itu membuat dia rasa tahunya jadi timbul secara tiba-tiba. Dan itu bisa kita arahkan juga. Jangan sampe ada benda yang membahayakan diri dan kemudian dia coba-coba kemudian jadi bumerang," ujarnya.

Baca Juga: Intip Cara Pasangan Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian Ajarkan Anak Pandai Mengaji

Kenalkan Secara Bertahap

Objek-objek di sekitar lingkungan rumah dapat dimaknai secara berbeda oleh anak. Mereka biasanya tertarik dengan sesuatu yang menyala-nyala dan bergerak, seperti air dan api. 

Namun, menurut Amy, terkadang ada orangtua yang justru memarahinya saat mereka bereksplorasi. "Jadi, kadang kita membatasinya dengan emosi, dengan marah. Sebenernya tidak perlu kayak gitu.”

Padahal, seharusnya orangtua mengenalkannya secara bertahap dan disertai kalimat-kalimat asertif. Misalnya, jelaskan bagaimana cara kerja api dan apa fungsinya.

“Menurut dia itu adalah hal baru karena baru melihat. Kita meresponnya, ya, dengan baik juga. Jangan justru kita kesal nanggepinnya," kata Amy.

Justru, semua pertanyaan kecil itu adalah bagian dari proses pertanyaan kritisnya.

Ajaklah untuk Berjalan-jalan

Selain waktu, anak kecil juga memerlukan ruang yang bebas untuk bereksplorasi. Terkadang, berada di rumah saja membuat mereka jenuh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x