Kompas TV regional peristiwa

Tim Bimasakti UGM Juarai Kompetisi Mobil Balap Formula Student Netherlands 2022

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 04:50 WIB
tim-bimasakti-ugm-juarai-kompetisi-mobil-balap-formula-student-netherlands-2022
Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) juara kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN) 2022 di Sirkuit TT Assen, Belanda. (Sumber: Kompas TV/ANT/HO/UGM))
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih peringkat satu kategori Business Plan Presentation dan Golden Fighter Award dalam kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN) 2022 di Sirkuit TT Assen, Belanda.

Kapten Tim Bimasakti UGM Aditya Maheranta melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa (19/7/2022), mengatakan tim Bimasakti UGM bersaing dengan tim-tim kuat lain dari berbagai perguruan tinggi dunia.

"Tim Bimasakti UGM menjadi satu satunya tim non Eropa yg lolos inspeksi, dengan hanya 9 mobil keseluruhan di kelas Combustion yang dapat lolos inspeksi," ujarnya dilansir dari Antara, Selasa (19/7).

FSN 2022 yang berlangsung pada 9-14 Juli 2022, kata Aditya, diikuti oleh 44 tim dari 15 negara di dunia.

Baca Juga: UGM Terima 4.200 Calon Mahasiswa Jalur CBT-UM, Ini 5 Jurusan Saintek dan Soshum Paling Diminati

Selain itu, pada kesempatan yang sama, tim Bimasakti juga meraih peringkat enam Engineering Design Presentation, peringkat 11 Cost Analysis Presentation, dan peringkat tujuh Overall kelas Combustion Vehicle.

Aditya mengungkapkan, keikutsertaan tim UGM dalam kompetisi di Belanda menjadi pengalaman baru.

Sebab, perlombaan tersebut memiliki standar kompetisi dan inspeksi keamanan mobil yang lebih tinggi sehingga cukup menghambat kerja tim di hari-hari awal perlombaan.

Sejumlah komponen dari mobil Bimasakti UGM, menurut dia, dinilai masih memerlukan perbaikan oleh tim juri. Bahkan juri beranggapan mobil Bimasakti UGM tidak memiliki peluang untuk lolos inspeksi.

"Namun kami terus berusaha untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap mobil di lokasi perlombaan dengan peralatan dan jumlah anggota yang terbatas. Akhirnya kami dinyatakan lolos inspeksi dan berkesempatan untuk berlaga di kategori endurance," ujar mahasiswa Teknik Mesin UGM ini.

Baca Juga: Inspiratif, Anak Tukang Las dari Boyolali Bisa Kuliah Gratis di UGM

Kegigihan dan sikap pantang menyerah dari tim Bimasakti UGM ini diganjar dengan penghargaan khusus dari juri yaitu Golden Fighter Award.

"Dewan Juri menilai bahwa sikap gigih dan pantang menyerah ini menjadi pengingat bagi tim tim formula student seluruh dunia untuk terus menembus tapal batas dan pantang menyerah dalam menghadapi semua kendala yang ada," ucap dia.


Dosen pembimbing tim Bimasakti UGM, Fauzun, menyampaikan prestasi yang diraih tim UGM merupakan hasil kerja keras dan pantang menyerah mulai dari tahap desain hingga tahap lomba.

"Dalam keikutsertaan tim Bimasakti yang pertama kalinya di FSN 2022 ini bisa meraih beberapa penghargaan tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama UGM serta Indonesia di mata dunia," ujar Fauzun.

Baca Juga: Masih Dibuka! Beasiswa S1 di UGM hingga IPB dari Tanoto Foundation, Simak Cara Daftarnya

Fauzun berharap, kemenangan tim Bimasakti itu bisa memotivasi anggota tim untuk lebih meningkatkan soft skills maupun hard skills, sehingga terus berprestasi dan membanggakan nama almamater di kancah nasional maupun internasional.

"Semoga semua prestasi yang didapat bisa terus berlanjut di tahun-tahun selanjutnya untuk ukiran prestasi yang lebih tinggi," pungkas Fauzun.

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x