Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Klaim Surya Paloh Dorong AHY untuk Maju di Pilpres 2024

Kompas.tv - 19 Juli 2022, 20:17 WIB
demokrat-klaim-surya-paloh-dorong-ahy-untuk-maju-di-pilpres-2024
Ilustrasi pertemuan politik, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Kamis (23/6/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh disebut mendukung langkah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY untuk maju dalam gelaran Pilpres 2024 mendatang.  

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K. Harman di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/7/2022). 

Baca Juga: Diskusi dengan Berbagai Partai Politik, Ketum Nasdem Surya Paloh: Masih Komunikasi, Belum Koalisi

"Ketika bertemu dan berwawancara (Surya Paloh) dengan Ketua Umum Mas AHY, bahkan berulang kali Pak Surya Paloh banyak mendengarkan bahkan memotivasi dan mendorong mas AHY maju dalam Pilpres ini. Soal jadi atau tidak itu soal nanti. Yang penting beliau juga ingatkan jangan ngoyo biarkan saja air mengalir," kata Benny. 

Meski begitu, ia mengatakan, Partai Nasdem dan Demokrat belum mencapai kesepakatan untuk bekerja sama dalam pesta demokrasi nanti. 

"Tidak, tidak (belum sampai ke pembicaraan mendukung AHY di Pilpres 2024). Kami belum sampai pada tahapan itu, pertemuan kami dengan beliau itu sampai pada tahap memahami tantangan bangsa dan negara ke depan," ujarnya.  

Ia berharap terjadi lagi pertemuan lanjutan dengan Surya Paloh untuk membicarakan strategi menyongsong kemenangan di Pilpres 2024 mendatang. 

"Kita sampai saat itu belum sampai pada tahap siapa yang mau diusul. Mudah-mudahan dalam pembicaraan, pertemuan yang akan datang lebih konkret lagi, tapi kami sangat optimis dengan itu."

"Kami melihat itu sebagai sebuah fonomena, sebuah harapan ya yang membuka ruang bagi kita semua untuk bisa lebih optimis," ujarnya. 

Menurut dia, dengan sikap Surya Paloh seperti itu membuat kehidupan demokrasi di Indonesia terdapat secercah harapan yang lebih baik di masa yang akan datang. 

"Karena itu kami punya pandangan bahwa apa yang diperlihatkan oleh Pak Surya Paloh dalam komunikasi dengan kami yaitu mengutamakan  kepentingan bangsa mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan kelompok, bagi kami ini adalah sebuah angin segar untuk kehidupan politik dan demokrasi Indonesia kita di masa mendatang," katanya.  

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengakui ada kecocokan denga Partai Demokrat.

Baca Juga: Partai Demokrat Sebut Tak Pernah Beri Syarat AHY Harus Jadi Capres ke Parpol Lain saat Berkoalisi

Hal ini merupakan modal yang cukup besar dalam menyongsong agenda Pilpres 2024 mendatang. 

“Chemistry itu ada. Itu modal dasar yang bisa dikapitalisasi untuk sesuatu,” kata Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (23/6/2022). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.