Kompas TV regional peristiwa

Pesawat yang Jatuh di Nginggil Blora: Pesawat Latih Tempur TNI AU

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 22:24 WIB
pesawat-yang-jatuh-di-nginggil-blora-pesawat-latih-tempur-tni-au
Rekaman yang diterima Kompas TV terkait visual yang menampilkan salah satu bagian pesawat yang jatuh di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Senin (18/7/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

BLORA, KOMPAS.TV - Pesawat yang jatuh di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Senin (18/7/2022), merupakan pesawat latih tempur TNI.

Dalam rekaman yang diterima Kompas TV, tampak serpihan pesawat yang sudah hancur. Selain itu, tampak bagian ekor dan roda pesawat.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Indan Gilang menyatakan, tim dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Iswahyudi tengah menuju lokasi kejadian.

"Jadi perlu kami sampaikan bahwa ada satu pesawat T50 dari Skadron Udara 15 dengan nomor registrasi T5009, airborne dari Lanud Iswahyudi jam 18.24 WIB untuk misi terbang malam," jelasnya dalam Kompas Malam Kompas TV, Senin.


Baca Juga: Polisi: Ada Pesawat Jatuh di Nginggil Blora, Sedang Diselidiki

Gilang melanjutkan pesawat kemudian hilang kontak pada 19.28 WIB. Lanud Iswahyudi kemudian mencari kontak, dalam penelusuran terdapat informasi dari lapangan yang melihat diduga pesawat jatuh.

"Saat ini tim dari Lanud Iswahyudi sedang menyusul ke lokasi," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kepolisian Sektor Kradenan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lilik Eko Sukaryono mengonfirmasi adanya kabar pesawat jatuh di wilayahnya, Senin.

Pesawat tersebut dilaporkan jatuh di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa Tengah.

"Iya benar diketemukan di wilayah Desa Nginggil," tuturnya, Senin, dikutip dari Kompas.com.

Lilik mengatakan, mendapatkan laporan temuan puing-puing pesawat yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Puing-puing pesawat," kata dia.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan secara detail jenis pesawat dan waktu kejadian terkait peristiwa tersebut.

"Nanti saya kabari lagi. Ini saya menuju ke lokasi," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x