Kompas TV regional berita daerah

Kadin Indonesia Dukung Infrastruktur Ramah Lingkungan

Senin, 18 Juli 2022 | 12:08 WIB

Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Saat ini pembangunan green infrastructur atau infrastruktur ramah lingkungan menjadi pembahasan dalam dialog B20 serangkaian G20 di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (14/7) siang. Infrastruktur ramah lingkungan menjadi salah satu untuk mendukung tercapainya net zero atau nol emisi karbon.

Ketua Kamar Dagang - Kadin Indonesia mengatakan, financing untuk pengembangan green infrastruktur di Indonesia diperkirakan mencapai 450 miliar USD, dan sekitar 30 sampai 40 persen yang bersumber dari pemerintah, sehingga memerlukan dukungan internasional. Selain itu, pembiayaan dengan bunga yang rendah juga diharapkan untuk mengurangi beban bunga.

Pertemuan G20 Kadin merekomendasikan pemerintah dan negara G20 beberapa hal yang pertama terkait dengan peningkatan akses sumber pembiayaan terjangkau dan tepat, kolaborasi antar negara untuk mempercepat transisi energi menuju net zero, hingga dukungan fiskal seperti relaksasi pajak.

Selain itu Kadin berharap, Indonesia membuat platform terkait projek - projek yang ada di provinsi hingga kabupaten di seluruh Indonesia, yang akan dipresentasikan untuk mengundang dan mempermudah investor dalam berinvestasi, dan mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan, hingga prioritas utamanya terkait dengan green energi. Selain itu, kerjasama antara pemerintah, perbankan dan privat sektor juga diperlukan untuk mewujudkan pembangungan infrastruktur yang lebih hijau.

 

 

 

 

#kadinindonesia  #greeninfrastucture  #g20


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x