Kompas TV video vod

BPIP Kaji Pidato Bung Karno di Sidang Umum PBB 1960 untuk KTT G20 di Bali

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 22:15 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP menggelar rangkaian seminar pancasila series pertama pada Selasa, 12 Juli 2022. Seminar yang disiarkan langsung dari Studio I KompasTV ini mengangkat tema relevansi pidato Soekarno di Sidang Umum PBB tahun 1960.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP menggelar rangkaian seminar Pancasila yang dilatarbelakangi  peristiwa saat Bung Karno Berpidato di Sidang Umum PBB tahun 1960.

Pada enam dekade lalu, Bung Karno menyampaikan gagasannya melalui pidato yang berjudul ''to Build The World A New'' atau membangun dunia kembali.

Dari peristiwa tersebut, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, Yudian Wahyudi mengatakan bahwa Proklamasi Indonesia adalah proklamasi terbaik di dunia.

Menurut Yudian, saat itu Bung Karno menawarkan Pancasila sebagai ideologi perdamaian. Karena itu, ideologi Pancasila semestinya tidak boleh hilang dari ingatan bangsa.

Seminar yang bertujuan membangun semangat untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam bernegara ini dihadiri oleh petinggi BPIP dan mahasiswa dari berbagai universitas.

Selain itu, beberapa narasumber inspiratif yakni Andi Widjajanto, Darmansjah Djumala, Bonnie Triyana, dan Tissa Biani juga ikut hadir.

Saat seminar, Sekretaris Dewan Pengarah Wisnu Bawa Tenaya, menyatakan bahwa Pancasila sebagai karakter bangsa mesti diteruskan untuk generasi muda di masa mendatang. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.