Kompas TV regional berita daerah

Warga Berebut Pisang Sambung Tuwuh di Pernikahan Massal

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 10:34 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MADIUN, KOMPAS.TV - Puluhan warga Kota Madiun Jawa Timur berebut ratusan sambung tuwuh di acara nikah massal yang digelar oleh pemerintah setempat. Banyaknya sambung tuwuh yang dipasang memecahkan Rekor MURI.

Ratusan pisang sambung tuwuh, yang terpasang di area taman sumberwangi jalan pahlawan Kota Madiun, diperebutkan warga, pada Kamis (14/7/2022). Ratusan pisang sambung tuwuh itu dipasang untuk memeriahkan nikah massal yang digelar oleh pemerintah Kota Madiun.

Baca Juga: Viral! Warga Sampang Menikah di Lokasi Banjir

Ada 9 pasang pengantin, yang mengikuti nikah massal bertajuk Madiun mantu. Usai ijab kabul di rumah dinas Wali Kota, para pengantin diarak keliling kota menggunakan kereta kencana dengan diiringi ratusan domas dan manggolo.

Yang jadi pusat perhatian dalam nikah massal itu banyaknya sambung tuwuh yang terpasang di sepanjang jalan pahlawan. Totalnya mencapai 210 pohon pisang hingga tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI.

Baca Juga: Warga Pamekasan Gelar Pernikahan di Pemakaman Umum, Tuai Kritikan Netizen!

Sambung tuwuh merupakan uba rampe sakral, yang terdiri dari pisang raja setandan beserta pohonnya, lalu dihias cengkir gading, daun beringin dan kemuning. Sambung tuwuh menjadi doa dan pengharapan agar pengantin selalu mendapatkan kebahagiaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x