Kompas TV regional budaya

Bengkel Kepala Hewan Kurban Banjir Orderan

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 06:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Idul Adha selalu menjadi berkah Warga Kampung Bustaman Semarang. Sebab pada Hari Raya Kurban ini, Warga Kampung Bustaman Kebanjiran Order untuk menguliti dan membersihkan kepala dan kaki hewan kurban, baik kambing maupun sapi.

 

Warga biasa berkelompok untuk mengerjakannya. Dari proses merebus kepala sebelum dibersihkan bulunya hingga memotong tulang kepala untuk memilih daging yang ada di bagian kepala. Pengguna jasa mempercayakan kepada Warga Bustaman untuk menguliti dan membersihkan kepala hewan kurban, sebab selain terampil dan prosesnya juga lebih cepat.

 

Menurut Ninik, salah satu Warga Kampung Bustaman yang membuka jasa ini mengatakan, usaha satu tahun sekali ini merupakan kegiatan turun temurun. Biaya jasa untuk menguliti satu kepala sapi dengan 4 kakinya dipatok 350 Ribu Rupiah, sedangkan untuk kepala kambing dengan empat kakinya, dipatok 75 Ribu Rupiah.

 

Meski hanya setahun sekali mendapat berkah dari jasa menguliti dan membersihkan kepala hewan kurban, Warga Bustaman sangat bersyukur, karena tahun ini orderan mengalami peningkatan, dibanding tahun kemarin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x