Kompas TV internasional kompas dunia

Terancam Musnah Tenggelam, Pemimpin Negara Kepulauan di Pasifik Nyatakan Keadaan Darurat Iklim

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 17:27 WIB
terancam-musnah-tenggelam-pemimpin-negara-kepulauan-di-pasifik-nyatakan-keadaan-darurat-iklim
Para pemimpin berpose selama foto keluarga di KTT para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik di Suva, Fiji, Kamis (14/7/2022). (Sumber: Samuel Rillstone/AAP Image via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SUVA, KOMPAS.TV — Para pemimpin nasional negara-negara kepulauan Pasifik hari Jumat (15/7/2022) mengumumkan keadaan darurat iklim dan setuju untuk mencoba membawa Kiribati kembali ke kelompok diplomatik utama di kawasan itu.

Seperti laporan Associated Press, Kiribati mengumumkan mereka menarik diri dari Forum Kepulauan Pasifik yang beranggotakan 18 negara menjelang pertemuan puncak para pemimpin di Fiji minggu ini.

Langkah itu dilihat sebagai tanda pengaruh China yang semakin besar di wilayah tersebut.

Dalam komunike yang akan segera dirilis, para pemimpin "menyambut dan mendukung penuh" komitmen pemerintah Australia yang baru terhadap prioritas perubahan iklim forum, Australian Associated Press melaporkan setelah melihat dokumen tersebut.

Australia, negara forum terkaya dan terpadat di Pasifik, berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 43 persen di bawah tingkat 2005 pada akhir dekade, di bawah pemerintahan baru yang dipilih pada bulan Mei.

Pemerintah Australia sebelumnya berkomitmen, pengurangan hanya antara 26 dan 28 persen tahun 2030.

Baca Juga: AS Ungkap Strategi Terbaru di Kawasan Geopolitik Pasifik Selatan untuk Lawan Pengaruh China

PM Australia saat mendarat di Fiji untuk KTT Negara Kepulauan di Pasifik. (Sumber: Samuel Rillstone/AAP Image via AP)

Klausul lain dalam komunike dengan tegas mendesak semua negara forum untuk memberikan "kemajuan yang jelas dalam mengubah janji dan komitmen menjadi tindakan" yang konsisten untuk menahan pemanasan global naik hingga 1,5 derajat Celsius (2,7 derajat Fahrenheit).

Target Australia saat ini dari pengurangan 43 persen tahun 2030 dan nol bersih pada tahun 2050, gagal memenuhi aspirasi itu.

Para pemimpin, banyak di antaranya menghadapi ancaman eksistensial dari bumi yang makin panas, menganggap perubahan iklim sebagai risiko keamanan terbesar mereka dan menyatakan darurat iklim. Pasalnya, perubahan iklim yang dengan suhu Bumi yang kian menghangat memicu pemanasan global dan meningkatnya permukaan air laut, hingga negara-negara kepulauan di Pasifik terancam tenggelam.

Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama yang memimpin KTT, menggunakan Twitter untuk mendesak Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengambil tindakan lebih lanjut.

“Janji iklim baru Australia adalah langkah maju yang lama dinanti Fiji, tetapi karena kewajiban saya kepada setiap orang muda di Pasifik, saya mendesak @AlboMP untuk melangkah lebih jauh demi masa depan bersama keluarga kita dengan menyelaraskan komitmen Australia pada 1,5 -target derajat," tulis Bainimarama.

Persatuan Pasifik adalah topik kunci lain bagi para pemimpin, yang diperparah dengan mundurnya Kiribati.

Baca Juga: Indonesia Dorong ASEAN dan India Kembangkan Strategic Trust Inklusif di Indo-Pasifik

Menlu Wang Yi dari China, tengah, disambut setibanya di Honiara, Kepulauan Solomon, Kamis pagi, 26 Mei 2022. (Sumber: AP Photo)

Australia dan Selandia Baru akan mendanai Perjanjian Suva, yang mereformasi forum dan upaya diplomatik baru untuk mengembalikan Kiribati.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.