Kompas TV nasional politik

Namanya Melejit dalam Survei Calon Gubernur Jawa Tengah, Gibran: Enakan di Solo

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 11:13 WIB
namanya-melejit-dalam-survei-calon-gubernur-jawa-tengah-gibran-enakan-di-solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat di Loji Gandrung, Senin (23/5/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi santai hasil survei yang menunjukkan elektabilitasnya sebagai calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024, melejit. 

"Iya ra piye-piye, emange ngopo? (tidak kenapa-kenapa, memang kenapa? -red)," kata Gibran di Solo, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/7/2022).


Baca Juga: TAS Dipecat Gibran sebagai Direktur PDAM Solo, Dugaan Pencabulannya Diungkap

Ia menyatakan, dirinya masih belum memikirkan langkah politik selanjutnya. Sebab, ia mengaku masih fokus untuk membenahi Solo. 

"Iya, enak neng (di, -red) Solo," ucap Gibran.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei Charta Politika, elektabilitas putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sebagai calon gubernur Jawa Tengah mencapai 38,8 persen.

Elektabilitas Gibran mengalami kenaikan sekitar 10,3 persen dari hasil survei lembaga yang sama pada Februari 2022 yang tercatat hanya 28,5 persen.

Selain Gibran, tokoh-tokoh lain yang muncul dalam survei Charta Politika tersebut adalah Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Kemudian ada Rustriningsih, Sudirman Said, Achmad Husein, mantan wali kota Solo dua periode, FX Hadi Rudyatmo, dan Komjen Condro Kirono.

Baca Juga: Puan Tanggapi Wacana Gibran Jadi Gubernur 2024: Kader Mumpuni, Kami Pertimbangkan

Survei yang dilaksanakan pada 24 sampai 30 Juni 2022 tersebut melibatkan sebanyak 1.200 responden yang tersebar di setiap provinsi.

Pada 21 Juni lalu, Gibran mengungkapkan pesan-pesan yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kala ia mengikuti sekolah partai di Jakarta.

Salah satu pesan yang Megawati sampaikan kepadanya adalah agar ia maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub).

"Yang namanya ketum, senior apalagi ketemu petinggi partai, pasti banyak saran-saran. Oh ini, di sini, nanti ke depan ke sana. Pasti gitu," tutur Gibran kala itu, dikutip dari Kompas.com.

Meski demikian, ia tak menjawab gamblang terkait saran Megawati itu apakah ia diminta maju pada Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

Gibran menyatakan ingin fokus dulu menyelesaikan pekerjaan di Solo sebagai wali kota.

"Ya, nanti kita pertimbangkan dulu. Masih banyak pekerjaan di Solo," ungkapnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x