Kompas TV regional agama

Jelang Kepulangan ke Tanah Air, Jemaah Haji Asal Jateng Wafat di Tanah Suci Bertambah Jadi 7 Orang

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 07:23 WIB
jelang-kepulangan-ke-tanah-air-jemaah-haji-asal-jateng-wafat-di-tanah-suci-bertambah-jadi-7-orang
Ilustrasi. Jemaah haji asal Jawa Tengah (Jateng) yang wafat di Makkah, Arab Saudi bertambah satu, sehingga menjadi tujuh orang. (Sumber: ANTARA/Desi Purnamawati)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV — Jemaah haji asal Jawa Tengah (Jateng) yang wafat di Makkah, Arab Saudi bertambah satu, sehingga menjadi tujuh orang.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin menyebutkan satu orang yang wafat atas nama Riady Djamirin Sanmirsad (56), warga Poduluhur RT 02/04 Klirong, Kabupaten Kebumen.

Diketahui, jemaah asal Kebumen dari kelompok terbang (kloter) 27 wafat di pemondokan, pada Rabu (13/7), pukul 23.12 Waktu Arab Saudi (WAS), karena mengalami "Cardiovascular Desease".

Atas bertambahnya jemaah haji yang wafat, mewakili Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip turut berduka cita.


 

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan amin," kata Sarip dalam rilis yang diterima KOMPAS.TV, Jumat (15/7/2022).

Baca Juga: Jemaah Haji Mulai Pulang Hari ini, Menag Yaqut Sampaikan Maaf: Sebagai Manusia, Pasti Ada Kekurangan

Ia juga melaporkan, hingga saat ini ada 13 jemaah haji asal Jateng yang sedang dalam perawatan di rumah sakit Arab Saudi.

Sementara itu, Sarip mengatakan pada malam nanti, pihaknya akan menyambut kedatangan kloter pertama jemaah haji yang tiba di Bandara Adi Soemarmo.

Menurut jadwal yang diterima KOMPAS.TV, jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Pati, Jateng, akan tiba di Solo pada pukul 22.15 WIB.

Adapun jemaah tersebut telah diberangkatkan dari Arab Saudi pada pukul 05.10 WAS dengan nomor penerbangan GA 6201 telah dilepas langsung oleh Wakil Menteri Agama yang juga Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'adi.

"Tidak terasa 42 hari bapak ibu di Tanah Suci untuk melaksanakan niat yang mulia melaksanakan rukun Islam kelima yaitu tunaikan ibadah haji. Tentunya kami semuanya mendoakan niat yang mulia ibadah-ibadah kita selama di Tanah Suci baik rukun, yang jadi syarat wajib manasik haji betul-betul bisa diterima oleh Allah SWT dan kita menjadi haji mabrur," kata Zainut Tauhid Sa'adi.

Pelepasan ditandai dengan upacara seremonial dan jabat tangan dari Wamenag Zainut Tauhid kepada perwakilan jemaah.

Sebanyak delapan bus mengantar kepulangan 360 jemaah haji asal Kabupatem Pati ke Tanah Air melalui Bandara Jeddah.

Untuk informasi, kepulangan jemaah haji asal Jateng dan DIY ini akan berlangsung hingga Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca Juga: Campur Aduk Perasaan Jemaah Haji yang Pulang ke Tanah Air Hari Ini, Semoga Jadi Haji Mabrur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x