Kompas TV internasional kompas dunia

Australia Bantu Tangani Wabah PMK, bakal Kirim 1 juta Vaksin ke Indonesia Awal Agustus

Jumat, 15 Juli 2022 | 05:15 WIB
australia-bantu-tangani-wabah-pmk-bakal-kirim-1-juta-vaksin-ke-indonesia-awal-agustus
Ilustrasi - Pemberian Vaksin PMK pada hewan ternak. Australia hari Kamis (14/7/2022) mengatakan akan kirim 1 juta vaksin ke Indonesia untuk membantu kurangi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Australia akan mengirimkan 1 juta vaksin ke Indonesia untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, seperti dikutip dari Antara, Kamis (14/7/2022)

"Kami harapkan vaksin tersebut sudah sampai di Indonesia pada awal Agustus," kata Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt dalam kunjungannya di Jakarta, Kamis.

Watt berharap pemerintah Indonesia dapat mendistribusikan vaksin tersebut ke berbagai wilayah untuk melindungi hewan ternak.

Selain vaksin, Pemerintah Australia juga mengumumkan komitmen senilai 500 ribu dolar Australia (sekitar Rp5 miliar) yang akan diberikan kepada Meat and Livestock Australia (MLA), perusahaan daging dan ternak Australia.

Baca Juga: Menteri Pertanian Australia akan Kunjungi Jakarta, Bantu Indonesia Tangani PMK

Ilustrasi. Seorang dokter hewan menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi perah di Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (20/6/2022) (Sumber: Raisan Al Farisi/Antara)

Dana tersebut digunakan oleh MLA untuk peningkatan pelatihan dan keahlian mitra-mitra industri di Indonesia.

Watt menegaskan, hubungan Australia dengan Indonesia merupakan sesuatu hal yang penting.

"Indonesia telah melakukan langkah-langkah yang baik. Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat Australia dan rakyat kedua negara sering melakukan perjalanan," kata dia.

Indonesia menerapkan standar kebersihan bagi wisatawan-wisatawan di berbagai bandara.

"Indonesia juga mengendalikan pergerakan hewan yang terinfeksi. Saya sangat senang mengetahui beberapa tindakan pemerintah Indonesia di bandara, khususnya di Bali," kata Watt.


 


Sumber : Kompas TV/Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

Harga BBM Subsidi Naik, Warga Semakin Berhemat

Minggu, 25 September 2022 | 00:40 WIB
Close Ads x